ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Penelitian ini mengangkat masalah mengenai bagaimana wujud dan makna aspek kecemasan dalam novel Pintu Terlarang melalui tinjauan psikologi sastra. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud dan makna aspek kecemasan dalam Pintu Terlarang tinjauan psikologi sastra. Penelitian dilakukan dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUSAROH , SITI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9716/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994886565363712
author MUSAROH , SITI
author_facet MUSAROH , SITI
author_sort MUSAROH , SITI
collection ePrints
description Penelitian ini mengangkat masalah mengenai bagaimana wujud dan makna aspek kecemasan dalam novel Pintu Terlarang melalui tinjauan psikologi sastra. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud dan makna aspek kecemasan dalam Pintu Terlarang tinjauan psikologi sastra. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah aspek kecemasan dalam novel Pintu Terlarang tinjauan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah berupa data lunak (soft data) yang berwujud kata, kalimat, ungkapan yang terdapat dalam novel Pintu Terlarang. Teknik pengumpulan datanya yaitu teknik pustaka, simak dan catat. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan sebagai berikut : struktur novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara merupakan novel yang memiliki jalinan kisah yang terjaga keterpaduan unsur-unsurnya. Unsur-unsur tersebut meliputi tema, alur, penokohan, dan latar menjadi satu kesatuan yang padu sehingga mencapai totalitas makna. Totalitas makna diperoleh dari hubungan antara tokoh, latar, alur, dan tema. Adapun tema sebagai dasar struktur novel yaitu kealiman dan nafsu jahat hanya dimilik oleh orang-orang yang tega berbuat apa saja untuk pelampiasan dirinya sendiri. Analisis dengan pendekatan psikologi sastra. Pendekatan ini merupakan salah satu pendekatan dalam sastra yang mengaji tentang tanda. Hasil analisis berdasarkan pendekatan psikologi sastra ditemukan (1) kecemasan realitas atau objektif merupakan kecemasan yang bersumber dari adanya ketakutan terhadap bahaya yang mengancam di dunia nyata. (2) kecemasan neurosis yaitu suatu kecemasan yang erat kaitannya dengan mekanisme-mekanisme pelarian diri yang negative banyak disebabkan rasa bersalah atau berdosa, serta konflik-konflik emosional serius dan kronis berkesinambungan, dan frustasi-fustasi serta ketegangan-ketegangan batin. (3) kecemasan moral merupakan hasil dari konflik antara id dan super ego. Secara dasar merupakan ketakutan akan suara hati individu sendiri. Ketika individu termotivasi untuk mengekspresikan impuls instingtual yang berlawanan dengan nilai moral yang termaksud dalam super ego individu.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9716
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9716 https://eprints.ums.ac.id/9716/ ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA MUSAROH , SITI L Education (General) Penelitian ini mengangkat masalah mengenai bagaimana wujud dan makna aspek kecemasan dalam novel Pintu Terlarang melalui tinjauan psikologi sastra. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud dan makna aspek kecemasan dalam Pintu Terlarang tinjauan psikologi sastra. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah aspek kecemasan dalam novel Pintu Terlarang tinjauan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah berupa data lunak (soft data) yang berwujud kata, kalimat, ungkapan yang terdapat dalam novel Pintu Terlarang. Teknik pengumpulan datanya yaitu teknik pustaka, simak dan catat. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan sebagai berikut : struktur novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara merupakan novel yang memiliki jalinan kisah yang terjaga keterpaduan unsur-unsurnya. Unsur-unsur tersebut meliputi tema, alur, penokohan, dan latar menjadi satu kesatuan yang padu sehingga mencapai totalitas makna. Totalitas makna diperoleh dari hubungan antara tokoh, latar, alur, dan tema. Adapun tema sebagai dasar struktur novel yaitu kealiman dan nafsu jahat hanya dimilik oleh orang-orang yang tega berbuat apa saja untuk pelampiasan dirinya sendiri. Analisis dengan pendekatan psikologi sastra. Pendekatan ini merupakan salah satu pendekatan dalam sastra yang mengaji tentang tanda. Hasil analisis berdasarkan pendekatan psikologi sastra ditemukan (1) kecemasan realitas atau objektif merupakan kecemasan yang bersumber dari adanya ketakutan terhadap bahaya yang mengancam di dunia nyata. (2) kecemasan neurosis yaitu suatu kecemasan yang erat kaitannya dengan mekanisme-mekanisme pelarian diri yang negative banyak disebabkan rasa bersalah atau berdosa, serta konflik-konflik emosional serius dan kronis berkesinambungan, dan frustasi-fustasi serta ketegangan-ketegangan batin. (3) kecemasan moral merupakan hasil dari konflik antara id dan super ego. Secara dasar merupakan ketakutan akan suara hati individu sendiri. Ketika individu termotivasi untuk mengekspresikan impuls instingtual yang berlawanan dengan nilai moral yang termaksud dalam super ego individu. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9716/1/A310060114.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9716/2/A310060114.PDF MUSAROH , SITI (2010) ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060114
spellingShingle L Education (General)
MUSAROH , SITI
ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA
title ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA
title_full ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA
title_fullStr ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA
title_full_unstemmed ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA
title_short ASPEK KECEMASAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA
title_sort aspek kecemasan tokoh utama dalam novel pintu terlarang karya sekar ayu asmara tinjauan psikologi sastra
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9716/
work_keys_str_mv AT musarohsiti aspekkecemasantokohutamadalamnovelpintuterlarangkaryasekarayuasmaratinjauanpsikologisastra