STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT

Pesawat bisa terbang karena adanya pengaruh dari tekanan dan kecepatan. Besaran tekanan dan kecepatan merupakan bagian yang mendasari ilmu aerodinamika. Kedua besaran tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis gaya angkat, gaya hambat serta koefisiennya. Airfoil merupakan objek yang dapat dij...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MOERDOWO, EDIEARTA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9713/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994885746425856
author MOERDOWO, EDIEARTA
author_facet MOERDOWO, EDIEARTA
author_sort MOERDOWO, EDIEARTA
collection ePrints
description Pesawat bisa terbang karena adanya pengaruh dari tekanan dan kecepatan. Besaran tekanan dan kecepatan merupakan bagian yang mendasari ilmu aerodinamika. Kedua besaran tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis gaya angkat, gaya hambat serta koefisiennya. Airfoil merupakan objek yang dapat dijadikan bahan analisis studi aerodinamika. Airfoil Boeing BACXXX merupakan satu dari sekian banyak airfoil yang memiliki bentuk geometri sangat ramping. Penelitian ini bertujuan mempelajari distribusi tekanan dan kecepatan pada airfoil Boeing BACXXX serta lift dan drag yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dengan bantuan software Cosmosflowork pada Solidwork dengan cara mengimport gambar airfoil kemudian dilakukan external flow analysis pada berbagai macam sudut serang (-20, -16, -12, -8, -4, 0, 4, 8, 12, 16, 20). Kemudian data dikumpulkan dan dibuat dalam bentuk grafik hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi tekanan berbanding terbalik terhadap kecepatan. Pada sudut serang positif, bagian bawah airfoil berada pada posisi tekanan tertinggi dan kecepatan terendah. Pada sudut serang negatif, nilai tekanan tertinggi dan kecepatan terendah berada pada sisi atas airfoil. Titik lift tertinggi berada pada sudut serang 12º, sedangkan lift terendah berada pada sudut serang -12º. Nilai drag tertinggi berada pada sudut serang -20º dan nilai terendah pada sudut serang 0º. Hubungan koefisien lift (Cl) terhadap sudut serang (α) serta hubungan koefisien lift (Cl) terhadap koefisien drag (Cd) menunjukkan adanya kesesuaian terhadap hasil analisis yang telah dilakukan tim Airfoil Investigation Database (AID).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9713
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9713 https://eprints.ums.ac.id/9713/ STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT MOERDOWO, EDIEARTA TJ Mechanical engineering and machinery Pesawat bisa terbang karena adanya pengaruh dari tekanan dan kecepatan. Besaran tekanan dan kecepatan merupakan bagian yang mendasari ilmu aerodinamika. Kedua besaran tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis gaya angkat, gaya hambat serta koefisiennya. Airfoil merupakan objek yang dapat dijadikan bahan analisis studi aerodinamika. Airfoil Boeing BACXXX merupakan satu dari sekian banyak airfoil yang memiliki bentuk geometri sangat ramping. Penelitian ini bertujuan mempelajari distribusi tekanan dan kecepatan pada airfoil Boeing BACXXX serta lift dan drag yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dengan bantuan software Cosmosflowork pada Solidwork dengan cara mengimport gambar airfoil kemudian dilakukan external flow analysis pada berbagai macam sudut serang (-20, -16, -12, -8, -4, 0, 4, 8, 12, 16, 20). Kemudian data dikumpulkan dan dibuat dalam bentuk grafik hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi tekanan berbanding terbalik terhadap kecepatan. Pada sudut serang positif, bagian bawah airfoil berada pada posisi tekanan tertinggi dan kecepatan terendah. Pada sudut serang negatif, nilai tekanan tertinggi dan kecepatan terendah berada pada sisi atas airfoil. Titik lift tertinggi berada pada sudut serang 12º, sedangkan lift terendah berada pada sudut serang -12º. Nilai drag tertinggi berada pada sudut serang -20º dan nilai terendah pada sudut serang 0º. Hubungan koefisien lift (Cl) terhadap sudut serang (α) serta hubungan koefisien lift (Cl) terhadap koefisien drag (Cd) menunjukkan adanya kesesuaian terhadap hasil analisis yang telah dilakukan tim Airfoil Investigation Database (AID). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9713/1/D200050012.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9713/4/D200050012.pdf MOERDOWO, EDIEARTA (2010) STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200050012
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
MOERDOWO, EDIEARTA
STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
title STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
title_full STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
title_fullStr STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
title_full_unstemmed STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
title_short STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
title_sort studi aerodinamika profil boeing commercial energy efficient dengan komputasi berbasis finite element
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/9713/
work_keys_str_mv AT moerdowoediearta studiaerodinamikaprofilboeingcommercialenergyefficientdengankomputasiberbasisfiniteelement