STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
Pesawat bisa terbang karena adanya pengaruh dari tekanan dan kecepatan. Besaran tekanan dan kecepatan merupakan bagian yang mendasari ilmu aerodinamika. Kedua besaran tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis gaya angkat, gaya hambat serta koefisiennya. Airfoil merupakan objek yang dapat dij...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9713/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994885746425856 |
---|---|
author | MOERDOWO, EDIEARTA |
author_facet | MOERDOWO, EDIEARTA |
author_sort | MOERDOWO, EDIEARTA |
collection | ePrints |
description | Pesawat bisa terbang karena adanya pengaruh dari tekanan dan kecepatan. Besaran tekanan dan kecepatan merupakan bagian yang mendasari ilmu aerodinamika. Kedua besaran tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis gaya angkat, gaya hambat serta koefisiennya. Airfoil merupakan objek yang dapat dijadikan bahan analisis studi aerodinamika. Airfoil Boeing BACXXX merupakan satu dari sekian banyak airfoil yang memiliki bentuk geometri sangat ramping. Penelitian ini bertujuan mempelajari distribusi tekanan dan kecepatan pada airfoil Boeing BACXXX serta lift dan drag yang diperoleh.
Penelitian ini dilakukan dengan bantuan software Cosmosflowork pada Solidwork dengan cara mengimport gambar airfoil kemudian dilakukan external flow analysis pada berbagai macam sudut serang (-20, -16, -12, -8, -4, 0, 4, 8, 12, 16, 20). Kemudian data dikumpulkan dan dibuat dalam bentuk grafik hubungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi tekanan berbanding terbalik terhadap kecepatan. Pada sudut serang positif, bagian bawah airfoil berada pada posisi tekanan tertinggi dan kecepatan terendah. Pada sudut serang negatif, nilai tekanan tertinggi dan kecepatan terendah berada pada sisi atas airfoil. Titik lift tertinggi berada pada sudut serang 12º, sedangkan lift terendah berada pada sudut serang -12º. Nilai drag tertinggi berada pada sudut serang -20º dan nilai terendah pada sudut serang 0º. Hubungan koefisien lift (Cl) terhadap sudut serang (α) serta hubungan koefisien lift (Cl) terhadap koefisien drag (Cd) menunjukkan adanya kesesuaian terhadap hasil analisis yang telah dilakukan tim Airfoil Investigation Database (AID).
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9713 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9713 https://eprints.ums.ac.id/9713/ STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT MOERDOWO, EDIEARTA TJ Mechanical engineering and machinery Pesawat bisa terbang karena adanya pengaruh dari tekanan dan kecepatan. Besaran tekanan dan kecepatan merupakan bagian yang mendasari ilmu aerodinamika. Kedua besaran tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis gaya angkat, gaya hambat serta koefisiennya. Airfoil merupakan objek yang dapat dijadikan bahan analisis studi aerodinamika. Airfoil Boeing BACXXX merupakan satu dari sekian banyak airfoil yang memiliki bentuk geometri sangat ramping. Penelitian ini bertujuan mempelajari distribusi tekanan dan kecepatan pada airfoil Boeing BACXXX serta lift dan drag yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dengan bantuan software Cosmosflowork pada Solidwork dengan cara mengimport gambar airfoil kemudian dilakukan external flow analysis pada berbagai macam sudut serang (-20, -16, -12, -8, -4, 0, 4, 8, 12, 16, 20). Kemudian data dikumpulkan dan dibuat dalam bentuk grafik hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi tekanan berbanding terbalik terhadap kecepatan. Pada sudut serang positif, bagian bawah airfoil berada pada posisi tekanan tertinggi dan kecepatan terendah. Pada sudut serang negatif, nilai tekanan tertinggi dan kecepatan terendah berada pada sisi atas airfoil. Titik lift tertinggi berada pada sudut serang 12º, sedangkan lift terendah berada pada sudut serang -12º. Nilai drag tertinggi berada pada sudut serang -20º dan nilai terendah pada sudut serang 0º. Hubungan koefisien lift (Cl) terhadap sudut serang (α) serta hubungan koefisien lift (Cl) terhadap koefisien drag (Cd) menunjukkan adanya kesesuaian terhadap hasil analisis yang telah dilakukan tim Airfoil Investigation Database (AID). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9713/1/D200050012.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9713/4/D200050012.pdf MOERDOWO, EDIEARTA (2010) STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200050012 |
spellingShingle | TJ Mechanical engineering and machinery MOERDOWO, EDIEARTA STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT |
title | STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT
DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
|
title_full | STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT
DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
|
title_fullStr | STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT
DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
|
title_full_unstemmed | STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT
DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
|
title_short | STUDI AERODINAMIKA PROFIL BOEING COMMERCIAL ENERGY EFFICIENT
DENGAN KOMPUTASI BERBASIS FINITE ELEMENT
|
title_sort | studi aerodinamika profil boeing commercial energy efficient dengan komputasi berbasis finite element |
topic | TJ Mechanical engineering and machinery |
url | https://eprints.ums.ac.id/9713/ |
work_keys_str_mv | AT moerdowoediearta studiaerodinamikaprofilboeingcommercialenergyefficientdengankomputasiberbasisfiniteelement |