PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN

Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) pada mata pelajaran IPA di UPT SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penelit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDRITO SB., BAMBANG
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9705/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994883583213568
author HANDRITO SB., BAMBANG
author_facet HANDRITO SB., BAMBANG
author_sort HANDRITO SB., BAMBANG
collection ePrints
description Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) pada mata pelajaran IPA di UPT SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti berusaha untuk mengetahui dan mengungkapkan secara jelas tujuan penelitian ini dari sudut pandang para pelaku atau subjek yang ditel iti, sehingga penelitian kualitatif yang dilaksanakan berorientasi pada pendekatan fenomenologis. Nara sumber dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pengajar bidang studi IPA dan peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran IPA berbasis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi. Tekni k analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yakni dengan cara red uksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengelolaan pembelajaran IPA berbasis TIK dimulai dengan merancang RPR berorientasi TIK oleh tim guru IPA, melakukan pemodelan, melakukan peer teaching, memperbaiki RPP setelah peer teaching, dan menerapkan model di kelas yang dilanjutkan dengan evaluasi dan refleksi pada tiap akhir tatap muka. Pembelajaran berbasis TIK memberikan kemudahan bagi guru dalam mengorganisasi materi pelajaran, secara umum materi pelajarannya seragam diserap oleh peserta didik, baik urutan maupun ruang lingkupnya. Prestasi belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis TIK dapat membantu meningkatkan peserta didik untuk lebih aktif dan semangat dalam belajarnya serta dapat meni ngkatkan kemampuan mengajar guru. Hambatan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis TIK adalah minimnya sarana pembelajaran seperti komputer/laptop, LCD, terbatasnya buku sumber materi pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengoperasikan dan membuat media pembelajaran berbasis TIK.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9705
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9705 https://eprints.ums.ac.id/9705/ PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN HANDRITO SB., BAMBANG LB Theory and practice of education Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) pada mata pelajaran IPA di UPT SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti berusaha untuk mengetahui dan mengungkapkan secara jelas tujuan penelitian ini dari sudut pandang para pelaku atau subjek yang ditel iti, sehingga penelitian kualitatif yang dilaksanakan berorientasi pada pendekatan fenomenologis. Nara sumber dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pengajar bidang studi IPA dan peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran IPA berbasis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi. Tekni k analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yakni dengan cara red uksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengelolaan pembelajaran IPA berbasis TIK dimulai dengan merancang RPR berorientasi TIK oleh tim guru IPA, melakukan pemodelan, melakukan peer teaching, memperbaiki RPP setelah peer teaching, dan menerapkan model di kelas yang dilanjutkan dengan evaluasi dan refleksi pada tiap akhir tatap muka. Pembelajaran berbasis TIK memberikan kemudahan bagi guru dalam mengorganisasi materi pelajaran, secara umum materi pelajarannya seragam diserap oleh peserta didik, baik urutan maupun ruang lingkupnya. Prestasi belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis TIK dapat membantu meningkatkan peserta didik untuk lebih aktif dan semangat dalam belajarnya serta dapat meni ngkatkan kemampuan mengajar guru. Hambatan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis TIK adalah minimnya sarana pembelajaran seperti komputer/laptop, LCD, terbatasnya buku sumber materi pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengoperasikan dan membuat media pembelajaran berbasis TIK. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9705/3/Q100080267.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9705/1/Q100080267.pdf HANDRITO SB., BAMBANG (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080267
spellingShingle LB Theory and practice of education
HANDRITO SB., BAMBANG
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN
title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN
title_full PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN
title_fullStr PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN
title_full_unstemmed PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN
title_short PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN
title_sort pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komputer tik pada mata pelajaran ipa di upt smp negeri 2 punung kabupaten pacitan
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9705/
work_keys_str_mv AT handritosbbambang pengelolaanpembelajaranberbasisteknologiinformasidankomputertikpadamatapelajaranipadiuptsmpnegeri2punungkabupatenpacitan