EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI APTITUDE TREATMENT INTERACTION DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzel terhadap prestasi belajar matematika (2) Pengaruh Kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika (3) Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) Untuk mengetahui in...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: WIYANTO, YULI TRI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/9701/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzel terhadap prestasi belajar matematika (2) Pengaruh Kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika (3) Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran, kemampuan awal dan motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojolaban tahun ajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel digunakan diambil dengan cara cluster sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini adalah kelas VII C sebagai kelas kontrol, VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan frekuensi tak sama yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada α = 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai sig. 0,039 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai sig. 0,040 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai sig. 0,000 < 0,01 (4) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan nilai sig. 0,326 > 0,05.