PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X.3 SMA MUHAMMADIYAH 4 ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan eksposisi dengan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Subjek penerima tindakan adalah kelas X.3 SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali yang berjumlah 30 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti untuk menganalisis...

Descrizione completa

Salvato in:
Dettagli Bibliografici
Autore principale: LUSIANA, DEWI
Natura: Tesi
Lingua:English
English
Pubblicazione: 2010
Soggetti:
Accesso online:https://eprints.ums.ac.id/9700/
Tags: Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
Descrizione
Riassunto:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan eksposisi dengan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Subjek penerima tindakan adalah kelas X.3 SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali yang berjumlah 30 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti untuk menganalisis setiap siklus untuk mengetahui hasil dari pekerjaan siswa setelah diketahui hasilnya dikelompokkan jumlah siswa yang berhasil dibagi dengan jumlah siswa keseluruhan dan dikalikan seratus, sedangkan subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data adalah guru kelas dan kepala sekolah, data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan. Analisis data secara deskriposi kualitatif dilakukan dengan metode alur yang terdiri reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi dalam membuat karangan eksposisi dari 59.45% pada siklus pertama menjadi 81.08% pada siklus ketiga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi.