PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk gaya bahasa hiperbola dan makna penggayaan pada iklan dalam tabloid nyata. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah gaya bahasa dalam iklan, hakikat iklan, gaya bahasa hiperbola, hakikat majalah, dan kekurangan dan kelebihan media. S...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI , WESTRIA RIZKI WULAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9699/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994881921220608
author SARI , WESTRIA RIZKI WULAN
author_facet SARI , WESTRIA RIZKI WULAN
author_sort SARI , WESTRIA RIZKI WULAN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk gaya bahasa hiperbola dan makna penggayaan pada iklan dalam tabloid nyata. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah gaya bahasa dalam iklan, hakikat iklan, gaya bahasa hiperbola, hakikat majalah, dan kekurangan dan kelebihan media. Subyek penelitian ini adalah iklan dalam tabloid. Objek penelitian ini adalah iklan tabloid nyata edisi Mei-Juli yang ada di seluruh Indonesia dan terbit tahun 2010. Data yang dikumpulkan melalui nteknik simak dan catat yaitu menyimak langsung data yang akan diteliti kemudian di catat data mana yang termasuk gaya bahasa hiperbola. Sumber data penelitian ini adalah iklan yang diperoleh dari tabloid nyata. Analisis data secara deskriptif komparatif dengan cara metode padan dan agih. Metode padan dengan teknik daya pilah dan metode agih menggunakan teknik perluasan. Pembahasan terhadap gaya bahasa hiperbola dalam iklan berisi tentang bentuk gaya bahasa hiperbola dalam tabloid dan makna penggayaan dalam iklan. Bentuk –bentuk gaya bahasa menggunakan bahasa campuran yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing. Dalam hakikat iklan berisi tentang pengertian iklan, jenis iklan, tujuan iklan, fungsi iklan, ciri-ciri iklan, dan naskah iklan atau copy iklan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9699
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9699 https://eprints.ums.ac.id/9699/ PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SARI , WESTRIA RIZKI WULAN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk gaya bahasa hiperbola dan makna penggayaan pada iklan dalam tabloid nyata. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah gaya bahasa dalam iklan, hakikat iklan, gaya bahasa hiperbola, hakikat majalah, dan kekurangan dan kelebihan media. Subyek penelitian ini adalah iklan dalam tabloid. Objek penelitian ini adalah iklan tabloid nyata edisi Mei-Juli yang ada di seluruh Indonesia dan terbit tahun 2010. Data yang dikumpulkan melalui nteknik simak dan catat yaitu menyimak langsung data yang akan diteliti kemudian di catat data mana yang termasuk gaya bahasa hiperbola. Sumber data penelitian ini adalah iklan yang diperoleh dari tabloid nyata. Analisis data secara deskriptif komparatif dengan cara metode padan dan agih. Metode padan dengan teknik daya pilah dan metode agih menggunakan teknik perluasan. Pembahasan terhadap gaya bahasa hiperbola dalam iklan berisi tentang bentuk gaya bahasa hiperbola dalam tabloid dan makna penggayaan dalam iklan. Bentuk –bentuk gaya bahasa menggunakan bahasa campuran yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing. Dalam hakikat iklan berisi tentang pengertian iklan, jenis iklan, tujuan iklan, fungsi iklan, ciri-ciri iklan, dan naskah iklan atau copy iklan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9699/1/A310060101.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9699/2/A310060101.PDF SARI , WESTRIA RIZKI WULAN (2010) PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060101
spellingShingle L Education (General)
SARI , WESTRIA RIZKI WULAN
PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
title PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
title_full PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
title_fullStr PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
title_full_unstemmed PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
title_short PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
title_sort pemakaian gaya bahasa hiperbola pada iklan dalam tabloid nyata dan kaitannya dengan pembelajaran bahasa indonesia
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9699/
work_keys_str_mv AT sariwestriarizkiwulan pemakaiangayabahasahiperbolapadaiklandalamtabloidnyatadankaitannyadenganpembelajaranbahasaindonesia