PEMAKAIAN GAYA BAHASA HIPERBOLA PADA IKLAN DALAM TABLOID NYATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk gaya bahasa hiperbola dan makna penggayaan pada iklan dalam tabloid nyata. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah gaya bahasa dalam iklan, hakikat iklan, gaya bahasa hiperbola, hakikat majalah, dan kekurangan dan kelebihan media. S...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: SARI , WESTRIA RIZKI WULAN
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/9699/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk gaya bahasa hiperbola dan makna penggayaan pada iklan dalam tabloid nyata. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah gaya bahasa dalam iklan, hakikat iklan, gaya bahasa hiperbola, hakikat majalah, dan kekurangan dan kelebihan media. Subyek penelitian ini adalah iklan dalam tabloid. Objek penelitian ini adalah iklan tabloid nyata edisi Mei-Juli yang ada di seluruh Indonesia dan terbit tahun 2010. Data yang dikumpulkan melalui nteknik simak dan catat yaitu menyimak langsung data yang akan diteliti kemudian di catat data mana yang termasuk gaya bahasa hiperbola. Sumber data penelitian ini adalah iklan yang diperoleh dari tabloid nyata. Analisis data secara deskriptif komparatif dengan cara metode padan dan agih. Metode padan dengan teknik daya pilah dan metode agih menggunakan teknik perluasan. Pembahasan terhadap gaya bahasa hiperbola dalam iklan berisi tentang bentuk gaya bahasa hiperbola dalam tabloid dan makna penggayaan dalam iklan. Bentuk –bentuk gaya bahasa menggunakan bahasa campuran yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing. Dalam hakikat iklan berisi tentang pengertian iklan, jenis iklan, tujuan iklan, fungsi iklan, ciri-ciri iklan, dan naskah iklan atau copy iklan.