PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010

Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan sebagai sarana komunikasi tulis. Menulis harus dilakukan secara efektif dan efisien mengingat menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif. Peningkatan keterampilan menulis perlu dilakukan de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGRAENI , YUNICA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9694/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994880570654720
author ANGGRAENI , YUNICA
author_facet ANGGRAENI , YUNICA
author_sort ANGGRAENI , YUNICA
collection ePrints
description Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan sebagai sarana komunikasi tulis. Menulis harus dilakukan secara efektif dan efisien mengingat menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif. Peningkatan keterampilan menulis perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam hal ini, guru sebagai fasilitator berperan penting memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan menulis. Teknik yang tepat dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi adalah menggunakan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Permasalahan yang timbul pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi dan perubahan perilaku siswa melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Ulujami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Ulujami setelah mendapatkan pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ulujami tahun 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes. Tes berupa menulis pengalaman pribadi, sedangkan nontes berupa observasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Pada pratindakan diperoleh nilai rata-rata kelas 62,91, siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 57,5, dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 73,63. Nilai rata-rata aspek pengembangan gagasan pada siklus I adalah 59,44 dan pada siklus II meningkat 67,77. Aspek kesesuaian dan kejelasan isi cerita nilai rata-rata mencapai 58,61 dan pada siklus II meningkat 73,05. Nilai rata-rata aspek kelengkapan unsur cerita pada siklus I 79,44 dan pada siklus II 80,46. Pada aspek kebahasaan nilai rata-rata siklus I 61,11 dan pada siklus II 79,02. Aspek kerapian karangan nilai rata-rata pada siklus I 75,55 dan pada siklus II 77,5. Perubahan perilaku siswa kelas VI1 C SMP Negeri 1 Ulujami mengalami peningkatan lebih baik setelah mendapatkan pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9694
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9694 https://eprints.ums.ac.id/9694/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010 ANGGRAENI , YUNICA L Education (General) Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan sebagai sarana komunikasi tulis. Menulis harus dilakukan secara efektif dan efisien mengingat menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif. Peningkatan keterampilan menulis perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam hal ini, guru sebagai fasilitator berperan penting memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan menulis. Teknik yang tepat dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi adalah menggunakan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Permasalahan yang timbul pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi dan perubahan perilaku siswa melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Ulujami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Ulujami setelah mendapatkan pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ulujami tahun 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes. Tes berupa menulis pengalaman pribadi, sedangkan nontes berupa observasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. Pada pratindakan diperoleh nilai rata-rata kelas 62,91, siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 57,5, dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 73,63. Nilai rata-rata aspek pengembangan gagasan pada siklus I adalah 59,44 dan pada siklus II meningkat 67,77. Aspek kesesuaian dan kejelasan isi cerita nilai rata-rata mencapai 58,61 dan pada siklus II meningkat 73,05. Nilai rata-rata aspek kelengkapan unsur cerita pada siklus I 79,44 dan pada siklus II 80,46. Pada aspek kebahasaan nilai rata-rata siklus I 61,11 dan pada siklus II 79,02. Aspek kerapian karangan nilai rata-rata pada siklus I 75,55 dan pada siklus II 77,5. Perubahan perilaku siswa kelas VI1 C SMP Negeri 1 Ulujami mengalami peningkatan lebih baik setelah mendapatkan pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9694/1/A310060075.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9694/2/A310060075.PDF ANGGRAENI , YUNICA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060075
spellingShingle L Education (General)
ANGGRAENI , YUNICA
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan kemampuan menulis pengalaman pribadi melalui teknik modeling dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas vii c smp negeri 1 ulujami tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9694/
work_keys_str_mv AT anggraeniyunica peningkatankemampuanmenulispengalamanpribadimelaluiteknikmodelingdenganpendekatankontekstualpadasiswakelasviicsmpnegeri1ulujamitahunajaran20092010