PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Strategi Respon Pembaca dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar Kejar Paket C Harapan Kelas XI Desa Majenang, Sukodono, Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampua...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Taufiqurobbi, Irfad
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9686/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994878417928192
author Taufiqurobbi, Irfad
author_facet Taufiqurobbi, Irfad
author_sort Taufiqurobbi, Irfad
collection ePrints
description Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Strategi Respon Pembaca dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar Kejar Paket C Harapan Kelas XI Desa Majenang, Sukodono, Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis dengan Strategi Respon Pembaca pada warga belajar Kejar Paket C Harapan Desa Majenang, Sukodono, Sragen. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Jenis data penelitian ini adalah (1) nilai kemampuan membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar dalam skala prasiklus atau refleksi awal dan siklus, (2) keaktifan proses warga belajar Kejar Paket C Harapan di dalam pembelajaran membaca cerpen tingkat analisis pada skala prasiklus atau refleksi awal dan siklus, (3) tanggapan guru atau tutor dan warga belajar Kejar Paket C Harapan mengenai pembelajaran skala siklus (4) catatan lapangan hasil observasi pemberlajaran tahap prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua macam, (1) teknik observasi, dan (2) teknik kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini berupa, (1) reduksi data, (2) pemaparan data, dan (3) penyimpulan data. Hasil Penelitian ini berupa, (1) terjadi peningkatan kemampuan membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar dalam tahap siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari segi jumlah dan persentase nilai rata-rata dan peningkatan individu warga belajar pada saat prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Pada tahap prasiklus atau refleksi awal, nilai rata-rata warga belajar adalah 55, sedangkan pada tahap siklus nilai rata-rata warga belajar sebesar 70,45. Peningkatan individu dalam tahap siklus dapat dilihat dari segi jumlah dan persentase warga belajar yang memperoleh nilai di atas KKM atau ≥60 yaitu, sebanyak 11 warga belajar atau sebesar 100% sedangkan di tahap prasiklus atau refleksi awal, warga belajar yang memperoleh nilai di atas KKM atau ≥60 yaitu, sebanyak 3 warga belajar atau 27,27%. (2) terjadi peningkatan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis dengan kategori aktif pada warga belajar dalam tahap siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari segi perbandingan jumlah dan persentase warga belajar yang dikategorikan aktif pada pembelajaran prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Jumlah warga belajar pada tahap prasiklus atau refleksi awal yang dikategorikan aktif sebanyak 4 warga belajar atau sebesar 36,36%, sedangkan jumlah warga belajar pada tahap siklus yang dikategorikan aktif sebanyak 9 warga belajar atau sebesar 81,81%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9686
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9686 https://eprints.ums.ac.id/9686/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Taufiqurobbi, Irfad L Education (General) Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Strategi Respon Pembaca dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar Kejar Paket C Harapan Kelas XI Desa Majenang, Sukodono, Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis dengan Strategi Respon Pembaca pada warga belajar Kejar Paket C Harapan Desa Majenang, Sukodono, Sragen. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Jenis data penelitian ini adalah (1) nilai kemampuan membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar dalam skala prasiklus atau refleksi awal dan siklus, (2) keaktifan proses warga belajar Kejar Paket C Harapan di dalam pembelajaran membaca cerpen tingkat analisis pada skala prasiklus atau refleksi awal dan siklus, (3) tanggapan guru atau tutor dan warga belajar Kejar Paket C Harapan mengenai pembelajaran skala siklus (4) catatan lapangan hasil observasi pemberlajaran tahap prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua macam, (1) teknik observasi, dan (2) teknik kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini berupa, (1) reduksi data, (2) pemaparan data, dan (3) penyimpulan data. Hasil Penelitian ini berupa, (1) terjadi peningkatan kemampuan membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar dalam tahap siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari segi jumlah dan persentase nilai rata-rata dan peningkatan individu warga belajar pada saat prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Pada tahap prasiklus atau refleksi awal, nilai rata-rata warga belajar adalah 55, sedangkan pada tahap siklus nilai rata-rata warga belajar sebesar 70,45. Peningkatan individu dalam tahap siklus dapat dilihat dari segi jumlah dan persentase warga belajar yang memperoleh nilai di atas KKM atau ≥60 yaitu, sebanyak 11 warga belajar atau sebesar 100% sedangkan di tahap prasiklus atau refleksi awal, warga belajar yang memperoleh nilai di atas KKM atau ≥60 yaitu, sebanyak 3 warga belajar atau 27,27%. (2) terjadi peningkatan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis dengan kategori aktif pada warga belajar dalam tahap siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari segi perbandingan jumlah dan persentase warga belajar yang dikategorikan aktif pada pembelajaran prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Jumlah warga belajar pada tahap prasiklus atau refleksi awal yang dikategorikan aktif sebanyak 4 warga belajar atau sebesar 36,36%, sedangkan jumlah warga belajar pada tahap siklus yang dikategorikan aktif sebanyak 9 warga belajar atau sebesar 81,81%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9686/1/A310060053.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9686/3/A310060053.PDF Taufiqurobbi, Irfad (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060053
spellingShingle L Education (General)
Taufiqurobbi, Irfad
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan kemampuan membaca cerpen tingkat analisis dengan strategi respon pembaca pada warga belajar kejar paket c harapan kelas xi desa majenang sukodono sragen tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9686/
work_keys_str_mv AT taufiqurobbiirfad peningkatankemampuanmembacacerpentingkatanalisisdenganstrategiresponpembacapadawargabelajarkejarpaketcharapankelasxidesamajenangsukodonosragentahunpelajaran20092010