PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK

Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimanakah ciri-ciri pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri persiapan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (2) Mendeskripsikan dan me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHAYUNINGSIH, SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9685/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994878148444160
author RAHAYUNINGSIH, SRI
author_facet RAHAYUNINGSIH, SRI
author_sort RAHAYUNINGSIH, SRI
collection ePrints
description Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimanakah ciri-ciri pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri persiapan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri proses supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang pertemuan balikan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bonangrejo Demak. Subjek utama penelitian adalah pimpinan lembaga, tenaga pendidikan dan pembina sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Persiapan supervisi meliputi penentuan waktu pelaksanaan supervisi dengan warga sekolah, menyiapkan laporan kinerja guru, penentuan guru yang akan disupervisi dengan berpedoman dari laporan kiner guru, menanyakan materi dan kelas yang disampaikan oleh guru, serta mempersiapkan alat yang digunakan untuk melakukan supervisi pembelajaran yang berupa instrumen supervisi. (2) Proses supervisi pembelajaran di SDN Bonangrejo Demak meliputi Kepala sekolah SD masuk ke kelas untuk mengobservasi bagaimana performansi guru dalam kegiatan pembelajaran; supervisi dilakukan supervisor dalam waktu satu sesi; Sikap supervisor tenang dan tidak mengganggu pembelajaran; hal-hal yang dalam supervisi adalah persiapan mengajar guru, pelaksanaan KBM, output KBM dan administrasi guru; Hasil supervisi dicatat dalam instrumen supervisi. (3) Pertemuan balikan supervisi pembelajaran adalah kepala sekolah melakukan pertemuan balikan dengan membuat kontak hubungan, menggunakan prinsip supervisi kontekstual dan membuat kesepakatan tindak lanut supervisi dengan guru yang bersangkutan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9685
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9685 https://eprints.ums.ac.id/9685/ PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK RAHAYUNINGSIH, SRI L Education (General) Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimanakah ciri-ciri pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri persiapan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri proses supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang pertemuan balikan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bonangrejo Demak. Subjek utama penelitian adalah pimpinan lembaga, tenaga pendidikan dan pembina sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Persiapan supervisi meliputi penentuan waktu pelaksanaan supervisi dengan warga sekolah, menyiapkan laporan kinerja guru, penentuan guru yang akan disupervisi dengan berpedoman dari laporan kiner guru, menanyakan materi dan kelas yang disampaikan oleh guru, serta mempersiapkan alat yang digunakan untuk melakukan supervisi pembelajaran yang berupa instrumen supervisi. (2) Proses supervisi pembelajaran di SDN Bonangrejo Demak meliputi Kepala sekolah SD masuk ke kelas untuk mengobservasi bagaimana performansi guru dalam kegiatan pembelajaran; supervisi dilakukan supervisor dalam waktu satu sesi; Sikap supervisor tenang dan tidak mengganggu pembelajaran; hal-hal yang dalam supervisi adalah persiapan mengajar guru, pelaksanaan KBM, output KBM dan administrasi guru; Hasil supervisi dicatat dalam instrumen supervisi. (3) Pertemuan balikan supervisi pembelajaran adalah kepala sekolah melakukan pertemuan balikan dengan membuat kontak hubungan, menggunakan prinsip supervisi kontekstual dan membuat kesepakatan tindak lanut supervisi dengan guru yang bersangkutan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9685/1/Q100080175.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9685/2/Q100080175.pdf RAHAYUNINGSIH, SRI (2010) PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080175
spellingShingle L Education (General)
RAHAYUNINGSIH, SRI
PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK
title PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK
title_full PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK
title_fullStr PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK
title_full_unstemmed PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK
title_short PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK
title_sort pengelolaan supervisi pembelajaran di sd negeri bonangrejo demak
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9685/
work_keys_str_mv AT rahayuningsihsri pengelolaansupervisipembelajarandisdnegeribonangrejodemak