PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK
Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimanakah ciri-ciri pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri persiapan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (2) Mendeskripsikan dan me...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9685/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994878148444160 |
---|---|
author | RAHAYUNINGSIH, SRI |
author_facet | RAHAYUNINGSIH, SRI |
author_sort | RAHAYUNINGSIH, SRI |
collection | ePrints |
description | Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimanakah ciri-ciri pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri persiapan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri proses supervisi pembelajaran di SD Negeri
Bonangrejo Demak. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang pertemuan balikan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri
Bonangrejo Demak. Subjek utama penelitian adalah pimpinan lembaga, tenaga pendidikan dan pembina sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Persiapan supervisi meliputi penentuan waktu
pelaksanaan supervisi dengan warga sekolah, menyiapkan laporan kinerja guru, penentuan guru yang akan disupervisi dengan berpedoman dari laporan kiner guru, menanyakan materi dan kelas yang disampaikan oleh guru, serta
mempersiapkan alat yang digunakan untuk melakukan supervisi pembelajaran yang berupa instrumen supervisi. (2) Proses supervisi pembelajaran di SDN Bonangrejo Demak meliputi Kepala sekolah SD masuk ke kelas untuk mengobservasi bagaimana performansi guru dalam kegiatan pembelajaran;
supervisi dilakukan supervisor dalam waktu satu sesi; Sikap supervisor tenang dan tidak mengganggu pembelajaran; hal-hal yang dalam supervisi adalah persiapan mengajar guru, pelaksanaan KBM, output KBM dan administrasi guru; Hasil supervisi dicatat dalam instrumen supervisi. (3) Pertemuan balikan supervisi pembelajaran adalah kepala sekolah melakukan pertemuan balikan dengan membuat kontak hubungan, menggunakan prinsip supervisi kontekstual dan
membuat kesepakatan tindak lanut supervisi dengan guru yang bersangkutan. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9685 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9685 https://eprints.ums.ac.id/9685/ PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK RAHAYUNINGSIH, SRI L Education (General) Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimanakah ciri-ciri pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri persiapan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang ciri-ciri proses supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang pertemuan balikan supervisi pembelajaran di SD Negeri Bonangrejo Demak. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bonangrejo Demak. Subjek utama penelitian adalah pimpinan lembaga, tenaga pendidikan dan pembina sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Persiapan supervisi meliputi penentuan waktu pelaksanaan supervisi dengan warga sekolah, menyiapkan laporan kinerja guru, penentuan guru yang akan disupervisi dengan berpedoman dari laporan kiner guru, menanyakan materi dan kelas yang disampaikan oleh guru, serta mempersiapkan alat yang digunakan untuk melakukan supervisi pembelajaran yang berupa instrumen supervisi. (2) Proses supervisi pembelajaran di SDN Bonangrejo Demak meliputi Kepala sekolah SD masuk ke kelas untuk mengobservasi bagaimana performansi guru dalam kegiatan pembelajaran; supervisi dilakukan supervisor dalam waktu satu sesi; Sikap supervisor tenang dan tidak mengganggu pembelajaran; hal-hal yang dalam supervisi adalah persiapan mengajar guru, pelaksanaan KBM, output KBM dan administrasi guru; Hasil supervisi dicatat dalam instrumen supervisi. (3) Pertemuan balikan supervisi pembelajaran adalah kepala sekolah melakukan pertemuan balikan dengan membuat kontak hubungan, menggunakan prinsip supervisi kontekstual dan membuat kesepakatan tindak lanut supervisi dengan guru yang bersangkutan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9685/1/Q100080175.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9685/2/Q100080175.pdf RAHAYUNINGSIH, SRI (2010) PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080175 |
spellingShingle | L Education (General) RAHAYUNINGSIH, SRI PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK |
title | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK |
title_full | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK |
title_fullStr | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK |
title_full_unstemmed | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK |
title_short | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BONANGREJO DEMAK |
title_sort | pengelolaan supervisi pembelajaran di sd negeri bonangrejo demak |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/9685/ |
work_keys_str_mv | AT rahayuningsihsri pengelolaansupervisipembelajarandisdnegeribonangrejodemak |