PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL Studi Situs Di SD Negeri Karangtowo 1 Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pengelolaan kepegawaian Sekolah Dasar Standar Nasional di SD Negeri Karangtowo 1 Demak; (2) Pengelolaan peserta didik Sekolah Dasar Standar Nasional di SD Negeri Karangtowo 1 Demak; (3) Pengelolaan sarana prasarana Sekolah Dasar Standar Nasional di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUPAR, SUPAR
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9682/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pengelolaan kepegawaian Sekolah Dasar Standar Nasional di SD Negeri Karangtowo 1 Demak; (2) Pengelolaan peserta didik Sekolah Dasar Standar Nasional di SD Negeri Karangtowo 1 Demak; (3) Pengelolaan sarana prasarana Sekolah Dasar Standar Nasional di SD Negeri Karangtowo 1 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangtowo 1 Demak. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan sraf SD Negeri Karangtowo 1 Demak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data tertata dalam situs. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengelolaan SDM di sekolah secara umum telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan yang ditetapkan sebagai Sekolah Dasar Berstandar Nasional. Hal tersebut tercerrmin melalui adanya upaya pengelolaan sumber daya manusia di sekolah yang dilakukan terhadap personel atau ketenagaan dan siswa. Untuk meningkatkan kualitas SDM, guru dan staf lainnya diikutsetakan dalam seminar, workshop, dan pelatian-pelatihan. Khusus untuk guru, kegiatan pembinaan dan pengembangan yang wajib adalah KKG. Selain kegiatan pembinan, guru dan staf diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Guru dan staf yang ada memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing; (2) Penerimaan siswa baru dilakukan berdasarkan perolehan nilai kelulusan dan disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Untuk meningkatkan potensi, siswa dapat mengikuti kegiatan pengembangan bakat pada kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah dan berbagai perlombaan; (3) Sarana prasarana yang dimiliki telah sesuai dengan standar sarana prasarana pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal tersebut dapat diukur dari ketersediaan sarana prasarana yang ada disekolah yang meliputi lahan sekolah, ruang pendidikan, ruang administrasi, ruang penunjang, alat dan media pendidikan. Sekolah memiliki lahan yang luas dengan bangunan yang kokoh dan terawat. Ruang pendidikan yang ada di sekolah antaralain adalah ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang komputer dan laboratotium. Ruang administrasi meliputi ruang kepala sekolah, ruang guru, dan ruang TU. Sementara itu, ruang penunjang lain yang ada adalah ruang BK, ruang UKS, ruang OSIS, kantin dan kamar kecil. Berbagai ruangan yang ada didukung dengan perlengkapan yang memadai. Untuk medukung pelaksanaan KBM, sekolah menyediakan berbagai alat peraga dan media pendidikan seperti whiteboard dan LCD. Dengan demikian, kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik guna mencapai tujuan dalam pembelajaran.