PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Setting kelas pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (2) Pengelolaan materi pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (3) Interaksi siswa dalam pembelajaran IPA menghadapi UASBN d...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Suharyadi, Suharyadi
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9678/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804994876244230144
author Suharyadi, Suharyadi
author_facet Suharyadi, Suharyadi
author_sort Suharyadi, Suharyadi
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Setting kelas pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (2) Pengelolaan materi pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (3) Interaksi siswa dalam pembelajaran IPA menghadapi UASBN di di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (4) Evaluasi pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri batursari 6 Mranggen Demak. Nara sumber dalam penelitian ini penelitian adalah guru kepala sekolah, dan siswa SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Setting kelas dalam pembelajaran berkaitan dengan lingkungan fisik tempat belajar dan setting pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Secara fisik tempat belajar siswa dalam kondisi baik dan sama dengan kelas lainnya, setting kelas yang digunakan dalam pembelajaran antara lain adalah dalam bentuk klasikal, bentuk kelompok, dan dalam bentuk U. Dengan adanya setting kelas yang baik, sangat mendukung pelaksanaan belajar mengajar yang kondusif dan pencapain tujuan pembelajaran; (2) Pengelolaan materi dalam pembelajaran terdiri dari materi pemadatan dari materi kelas IV sampai dengan kelas VI. Materi juga diberikan dalam bentuk latihan-latihan soal baik yang berasal dari sekolah, dari gugus sekolah, tryout tingkat kecamatan dan tryout tingkat kabupaten. Dengan adanya pengelolaan materi pembelajaran, dapat membekali siswa dengan materi sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran; (3) Interaksi siswa dalam pembelajaran berlangsung dua arah, yaitu interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Interaksi tercipta dari adanya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Melalui interaksi, siswa dapat belajar menyampaikan pendapat. Adanya interaksi yang baik dalam pembelajaran tidak terlepas dari adanya peran guru dalam pngelolaan kelas; (4) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Evaluasi diberikan dalam bentuk latihan soal yang berasal dari guru dan soal evaluasi UASBN tahun sebelumya. Bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah soal pilihan ganda, jawaban singkat dan uraian.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9678
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9678 https://eprints.ums.ac.id/9678/ PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak) Suharyadi, Suharyadi LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Setting kelas pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (2) Pengelolaan materi pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (3) Interaksi siswa dalam pembelajaran IPA menghadapi UASBN di di SD Negeri Batursari 6 Mranggen; (4) Evaluasi pembelajaran IPA dalam menghadapi UASBN di SD Negeri Batursari 6 Mranggen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri batursari 6 Mranggen Demak. Nara sumber dalam penelitian ini penelitian adalah guru kepala sekolah, dan siswa SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Setting kelas dalam pembelajaran berkaitan dengan lingkungan fisik tempat belajar dan setting pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Secara fisik tempat belajar siswa dalam kondisi baik dan sama dengan kelas lainnya, setting kelas yang digunakan dalam pembelajaran antara lain adalah dalam bentuk klasikal, bentuk kelompok, dan dalam bentuk U. Dengan adanya setting kelas yang baik, sangat mendukung pelaksanaan belajar mengajar yang kondusif dan pencapain tujuan pembelajaran; (2) Pengelolaan materi dalam pembelajaran terdiri dari materi pemadatan dari materi kelas IV sampai dengan kelas VI. Materi juga diberikan dalam bentuk latihan-latihan soal baik yang berasal dari sekolah, dari gugus sekolah, tryout tingkat kecamatan dan tryout tingkat kabupaten. Dengan adanya pengelolaan materi pembelajaran, dapat membekali siswa dengan materi sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran; (3) Interaksi siswa dalam pembelajaran berlangsung dua arah, yaitu interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Interaksi tercipta dari adanya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Melalui interaksi, siswa dapat belajar menyampaikan pendapat. Adanya interaksi yang baik dalam pembelajaran tidak terlepas dari adanya peran guru dalam pngelolaan kelas; (4) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Evaluasi diberikan dalam bentuk latihan soal yang berasal dari guru dan soal evaluasi UASBN tahun sebelumya. Bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah soal pilihan ganda, jawaban singkat dan uraian. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9678/2/Q100080154.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9678/1/Q100080154.pdf Suharyadi, Suharyadi (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080154
spellingShingle LB Theory and practice of education
Suharyadi, Suharyadi
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak)
title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak)
title_full PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak)
title_fullStr PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak)
title_full_unstemmed PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak)
title_short PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Situs Di SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak)
title_sort pengelolaan pembelajaran ipa dalam menghadapi ujian akhir sekolah berstandar nasional studi situs di sd negeri batursari 6 mranggen demak
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9678/
work_keys_str_mv AT suharyadisuharyadi pengelolaanpembelajaranipadalammenghadapiujianakhirsekolahberstandarnasionalstudisitusdisdnegeribatursari6mranggendemak