PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK

Fokus Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Memperoleh gambaran mengenai karakteristik perencanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak. (2) Memperoleh gambaran mengenai karakteristi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARYANTO, HARYANTO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9674/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994875161051136
author HARYANTO, HARYANTO
author_facet HARYANTO, HARYANTO
author_sort HARYANTO, HARYANTO
collection ePrints
description Fokus Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Memperoleh gambaran mengenai karakteristik perencanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak. (2) Memperoleh gambaran mengenai karakteristik pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak (3) memperoleh gambaran mengenai karakteristik umpan balik supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Mranggen Demak. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri 2 Mranggen Demak.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Karakteristik perencanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak berupa pembuatan format supervisi pembelajaran secara sistematis sekaligus nantinya sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban, perencanaan supervisi tersebut berupa penentuan jadwal supervisi yang disesuaikan dengan kalender akademik.dimana dalam beberapa hal melibatkan guru dalam pelaksanaannya. Dalam perencanaan tersebut sarana yang nantinya digunakan untuk pelaksanaan supervisi pembelajaran berupa buku supervisi dan daftar hadir guru mapel. Tujuan dari perencanaan supervisi tersebut adalah untuk memberikan layanan dan bantuan kepada guru-guru untuk dapat mengembangkan situasi pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. (2) Karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak. dilakukan dengan cara observasi dan kemudian berkomunikasi dengan guru yang bersangkutan sesuai jadwal/rencana program supervisi pembelajaran yang telah dikomunikasikan kepada guru-guru yang bersangkutan terlebih dahulu, walaupun terkadang dilakukan secara mendadak.Metode atau teknik yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran berfariasi sesuai dengan karakteristik guru dengan pendekatan direktif atau non direktif. Pelaksanaan ini pada akhirnya membentuk pola hubungan kerja sama antara kepala sekolah dengan guru (3) Karakteristik umpan balik supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak.yang dilakukan oleh kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran, tetapi kadang–kadang umpan balik yang dilakukan oleh kepala sekolah hanya bersifat informasi saja. Tindak lanjut atau umpan balik dari hasil supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah berupa pengiriman penataran-penataran untuk beberapa guru.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9674
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9674 https://eprints.ums.ac.id/9674/ PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK HARYANTO, HARYANTO LC Special aspects of education Fokus Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Memperoleh gambaran mengenai karakteristik perencanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak. (2) Memperoleh gambaran mengenai karakteristik pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak (3) memperoleh gambaran mengenai karakteristik umpan balik supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Mranggen Demak. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri 2 Mranggen Demak.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Karakteristik perencanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak berupa pembuatan format supervisi pembelajaran secara sistematis sekaligus nantinya sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban, perencanaan supervisi tersebut berupa penentuan jadwal supervisi yang disesuaikan dengan kalender akademik.dimana dalam beberapa hal melibatkan guru dalam pelaksanaannya. Dalam perencanaan tersebut sarana yang nantinya digunakan untuk pelaksanaan supervisi pembelajaran berupa buku supervisi dan daftar hadir guru mapel. Tujuan dari perencanaan supervisi tersebut adalah untuk memberikan layanan dan bantuan kepada guru-guru untuk dapat mengembangkan situasi pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. (2) Karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak. dilakukan dengan cara observasi dan kemudian berkomunikasi dengan guru yang bersangkutan sesuai jadwal/rencana program supervisi pembelajaran yang telah dikomunikasikan kepada guru-guru yang bersangkutan terlebih dahulu, walaupun terkadang dilakukan secara mendadak.Metode atau teknik yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran berfariasi sesuai dengan karakteristik guru dengan pendekatan direktif atau non direktif. Pelaksanaan ini pada akhirnya membentuk pola hubungan kerja sama antara kepala sekolah dengan guru (3) Karakteristik umpan balik supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak.yang dilakukan oleh kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran, tetapi kadang–kadang umpan balik yang dilakukan oleh kepala sekolah hanya bersifat informasi saja. Tindak lanjut atau umpan balik dari hasil supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah berupa pengiriman penataran-penataran untuk beberapa guru. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9674/2/Q100080131.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9674/1/Q100080131.pdf HARYANTO, HARYANTO (2010) PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080131
spellingShingle LC Special aspects of education
HARYANTO, HARYANTO
PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK
title PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK
title_full PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK
title_fullStr PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK
title_full_unstemmed PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK
title_short PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK
title_sort pengelolaan supervisi pembelajaran di sd negeri 2 mranggen demak
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/9674/
work_keys_str_mv AT haryantoharyanto pengelolaansupervisipembelajarandisdnegeri2mranggendemak