PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA SISWA KELAS X PJ 2 SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas X PJ 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010 setelah diterapkannya model pembelajaran kuantum. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action. Su...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMANINGRUM , ROSYIDHA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9673/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas X PJ 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010 setelah diterapkannya model pembelajaran kuantum. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti yang berperan sebagai guru dan siswa kelas X PJ 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010, sedangkan data dalam penelitian ini adalah data observasi berupa aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan data tes berupa nilai tes menulis karangan deskripsi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Analisis data penelitian ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data siswa dari prasiklus sampai dengan siklus II dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kuantum. Persentase perhatian siswa terhadap penjelasan guru pada prasiklus yaitu 35%, siklus I sebesar 57,8% dan pada siklus II meningkat sebesar 88,2 %. Aktivitas siswa dalam mengamati poster dan teks pada siklus I yaitu 73,6% dan siklus II yaitu 97%. Persentase aktivitas siswa dalam membedakan jenis karangan pada siklus I adalah 73,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,2%.. Pada prasiklus persentase keaktifan siswa dalam menulis karangan deskripsi sebesar 35%, siklus I sebesar 65,7% dan pada siklus II sebesar 97%. Persentase keaktifan siswa dalam merayakan keberhasilan pada siklus II yaitu 78,9 % dan pada siklus II yaitu 100%. Nilai rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa pada prasiklus yaitu 67,8, pada siklus I adalah 78,1 dan pada siklus II sebesar 87. Berdasarkan hasil penelitian dapat sisimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kuantum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.