DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan metode ceramah dalam pengajaran Bahasa Indonesia untuk mengajarkan teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (2) mengidentifikasi proses afiksasi pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (3) mengidentifikasi dampak penggunaan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HAMIDAH, LAILATUL
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9672/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994874624180224
author HAMIDAH, LAILATUL
author_facet HAMIDAH, LAILATUL
author_sort HAMIDAH, LAILATUL
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan metode ceramah dalam pengajaran Bahasa Indonesia untuk mengajarkan teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (2) mengidentifikasi proses afiksasi pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (3) mengidentifikasi dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah pada teks pidato; dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan Kabupaten Klaten. Data penelitian ini diambil dengan teknik dokumentasi dan teknik observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode padan adalah metode yang penentunya di luar, terlepas, dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan; metode agih adalah metode yang alat penentunya bagian dari bahasa yang bersangkutan; analisis data kualitatif model interaktif adalah komponen analisis reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan aktivitasnya saling berinteraksi dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan metode ceramah menggunakan tahap awal yaitu tahap persiapan guru menciptakan kondisi belajar yang baik, tahap inti yaitu tahap penyajian guru menyampaikan bahan ceramah, tahap asosiasi guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan bahan ceramah yang telah diterima, tahap aplikasi dan evaluasi guru memberikan tugas menulis teks pidato pada siswa, tahap penutup yaitu tahap kesimpulan artinya siswa menyimpulkan materi yang sudah diberikan guru; (2) proses afiksasi pada teks pidato siswa pembubuhan depan (prefiks) ber-, me(N)-, se-, ter-, pembubuhan akhir (sufiks) -kan, -an, -i, -nya, pembubuhan terbagi (konfiks) di-kan, me(N)-kan, se-nya; (3) dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kata-kata tidak baku menjadi baku bila terdapat penambahan proses morfemis khususnya proses afiksasi, kalimat menjadi baik dan benar diterapkan dalam kalimat menjadi padu sesuai urutan kalimat, dan adanya hubungan antara morfem dengan kata.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9672
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9672 https://eprints.ums.ac.id/9672/ DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN HAMIDAH, LAILATUL L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan metode ceramah dalam pengajaran Bahasa Indonesia untuk mengajarkan teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (2) mengidentifikasi proses afiksasi pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (3) mengidentifikasi dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah pada teks pidato; dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan Kabupaten Klaten. Data penelitian ini diambil dengan teknik dokumentasi dan teknik observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode padan adalah metode yang penentunya di luar, terlepas, dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan; metode agih adalah metode yang alat penentunya bagian dari bahasa yang bersangkutan; analisis data kualitatif model interaktif adalah komponen analisis reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan aktivitasnya saling berinteraksi dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan metode ceramah menggunakan tahap awal yaitu tahap persiapan guru menciptakan kondisi belajar yang baik, tahap inti yaitu tahap penyajian guru menyampaikan bahan ceramah, tahap asosiasi guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan bahan ceramah yang telah diterima, tahap aplikasi dan evaluasi guru memberikan tugas menulis teks pidato pada siswa, tahap penutup yaitu tahap kesimpulan artinya siswa menyimpulkan materi yang sudah diberikan guru; (2) proses afiksasi pada teks pidato siswa pembubuhan depan (prefiks) ber-, me(N)-, se-, ter-, pembubuhan akhir (sufiks) -kan, -an, -i, -nya, pembubuhan terbagi (konfiks) di-kan, me(N)-kan, se-nya; (3) dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kata-kata tidak baku menjadi baku bila terdapat penambahan proses morfemis khususnya proses afiksasi, kalimat menjadi baik dan benar diterapkan dalam kalimat menjadi padu sesuai urutan kalimat, dan adanya hubungan antara morfem dengan kata. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9672/1/A310060020.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9672/2/A310060020.PDF HAMIDAH, LAILATUL (2010) DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060020
spellingShingle L Education (General)
HAMIDAH, LAILATUL
DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN
title DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN
title_full DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN
title_fullStr DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN
title_full_unstemmed DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN
title_short DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN
title_sort deskripsi penggunaan metode ceramah untuk pembelajaran morfologi dan dampaknya terhadap penggunaan morfem pada teks pidato siswa kelas viii a mtsn popongan kabupaten klaten
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9672/
work_keys_str_mv AT hamidahlailatul deskripsipenggunaanmetodeceramahuntukpembelajaranmorfologidandampaknyaterhadappenggunaanmorfempadatekspidatosiswakelasviiiamtsnpopongankabupatenklaten