KONTRIBUSI PENDIDIKAN ORANG TUA, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 DEMAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis dan menguji kontribusi pendidikan orang tua, media pembelajaran dan iklim sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak 2) menganalisis dan menguji kontribusi pendidikan orang tua terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak, 3) menga...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9671/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis dan menguji kontribusi pendidikan orang tua, media pembelajaran dan iklim sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak 2) menganalisis dan menguji kontribusi pendidikan orang tua terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak, 3) menganalisis dan menguji kontribusi media pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak, 4) menganalisis dan menguji kontribusi Iklim
sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah siswa SMA Negeri 2 Demak yang berjumlah 1.003 orang. Sampel diambil 278 siswa, dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan pernyataan dalam bentuk angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 15.00.
Temuan penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi yang signifikan antara pendidikan orang tua, media pembelajaran, dan iklim sekolah terhadap minat belajar siswa secara simultan hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji F
sebesar 181,176 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R2 adalah 0,655 (65,5%), 2) terdapat kontribusi yang signifikan pendidikan orang tua terhadap minat belajar siswa dengan nilai t hitung sebesar 2,343, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,020 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 11,3 %, 3) terdapat kontribusi signifikan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa dengan nilai t hitung sebesar 3,111, hal ini ditunjukkan juga dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,002 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 17,7%, dan 4) terdapat kontribusi yang
signifikan iklim sekolah terhadap minat belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai t hitung sebesar 8,164 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 37,5% , |
---|