KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (2) Mendeskripsikan kendala apa sajakah yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9670/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994874086260736
author KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA
author_facet KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA
author_sort KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (2) Mendeskripsikan kendala apa sajakah yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (3) Mendeskripsikan upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode aktif interaktif, dimana pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan / verivikasi saling berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Selogiri, guru sudah menyusun Rencana Pembelajaran. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran keterampilan menulis meliputi tiga tahapan awal, inti, dan penutup. Pada awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran. Pada awal kegiatan inti, guru mengemukakan pokok-pokok materi tentang pembelajaran menulis narasi yang mengungkap berbagai informasi ke dalam bentuk narasi. Pada akhir pembelajaran guru melakukan apersepsi dengan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan; kedua, kendala yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri antara lain (1) sarana prasarana, (2) kesiapan siswa dan guru (sumber daya manusia); kesiapan guru dalam pelaksanaan KTSP, dan kesiapan siswa dalam pembelajaran, (3) metode yang dipakai kurang bervariasi, (4) guru kurang memberi motivasi, dan (5) minimnya sumber materi yang digunakan guru, dan (6) siswa kurang berminat terhadap pembelajaran keterampilan menulis narasi; ketiga, upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri antara lain: (1) Menambah pengadaan buku paket dan alat pembelajaran, (2) guru lebih kreatif supaya siswa tidak merasa jenuh dalam PBM, (3) guru mengubah metode pembelajaran, (4) memberi nilai-nilai tambahan, (5) guru menambah materi dari buku lain, dan siswa diberi tugas supaya lebih aktif, (6) memberi feedback atau umpan balik, supaya siswa memperhatikan pelajaran dengan baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9670
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9670 https://eprints.ums.ac.id/9670/ KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010 KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (2) Mendeskripsikan kendala apa sajakah yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri, (3) Mendeskripsikan upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode aktif interaktif, dimana pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan / verivikasi saling berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Selogiri, guru sudah menyusun Rencana Pembelajaran. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran keterampilan menulis meliputi tiga tahapan awal, inti, dan penutup. Pada awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran. Pada awal kegiatan inti, guru mengemukakan pokok-pokok materi tentang pembelajaran menulis narasi yang mengungkap berbagai informasi ke dalam bentuk narasi. Pada akhir pembelajaran guru melakukan apersepsi dengan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan; kedua, kendala yang menghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri antara lain (1) sarana prasarana, (2) kesiapan siswa dan guru (sumber daya manusia); kesiapan guru dalam pelaksanaan KTSP, dan kesiapan siswa dalam pembelajaran, (3) metode yang dipakai kurang bervariasi, (4) guru kurang memberi motivasi, dan (5) minimnya sumber materi yang digunakan guru, dan (6) siswa kurang berminat terhadap pembelajaran keterampilan menulis narasi; ketiga, upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan KTSP pada kelas VIII SMP N 2 Selogiri antara lain: (1) Menambah pengadaan buku paket dan alat pembelajaran, (2) guru lebih kreatif supaya siswa tidak merasa jenuh dalam PBM, (3) guru mengubah metode pembelajaran, (4) memberi nilai-nilai tambahan, (5) guru menambah materi dari buku lain, dan siswa diberi tugas supaya lebih aktif, (6) memberi feedback atau umpan balik, supaya siswa memperhatikan pelajaran dengan baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9670/1/A310060019.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9670/2/A310060019.PDF KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA (2010) KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060019
spellingShingle L Education (General)
KUSUMADEWI , SEVIKA CANDRA
KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010
title KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010
title_full KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010
title_fullStr KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010
title_full_unstemmed KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010
title_short KENDALA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN KTSP PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 SELOGIRI Tahun Ajaran 2009/2010
title_sort kendala dan solusi pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan ktsp pada siswa kelas viii smp n 2 selogiri tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9670/
work_keys_str_mv AT kusumadewisevikacandra kendaladansolusipembelajaranmenuliskarangannarasiberdasarkanktsppadasiswakelasviiismpn2selogiritahunajaran20092010