PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik materi pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD Negeri Batursari Batursari 5 Mranggen Demak (2) karakteristik tata ruang pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak (3) karakteristik interaks...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prasetya, B. Ganda
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9669/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994873814679552
author Prasetya, B. Ganda
author_facet Prasetya, B. Ganda
author_sort Prasetya, B. Ganda
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik materi pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD Negeri Batursari Batursari 5 Mranggen Demak (2) karakteristik tata ruang pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak (3) karakteristik interaksi pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD negeri Batursari Batursari 5 Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak. Nara Sumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakteristik materi dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak untuk pengelolaannya dilakukan dengan melihat RPP yang sudah disusun, dari RPP ini guru kemudian mengembangkan dengan cara memilih dan menyeleksi serta menambahkan dari sumber lain. Semuanya disesuaikan dengan standar kompetensi, kompetensi dan tujuan materi itu sendiri. Apabila perencanaan materi pembelajaran matematika tersebut sudah disesuaikan maka dalam penyampaiannya sesuai dengan RPP baik metode maupun penyampaian materinya sendiri. (2) Karakteristik tata ruang dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak pengaturannya disesuaikan dengan besarnya ruangan dan jumlah siswa yang kemudian dikaitkan dengan jenis kegiatan dalam pembelajaran dengan memperhatikan faktor jendela sebagai ventilasi untuk menjaga suhu dan cahaya. Salah satu contohnya adalah menggunakan model meja berbentuk U yang bertujuan untuk meningkatkan interaktif dengan siswa dalam pembelajaran yang ada di SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak. (3) Karakteristik interaksi dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak.dilakukan guru dengan memberikan suatu gambaran menarik terlebih dahulu mengenai materi yang disampaikan. Setelah itu guru membiarkan siswa merespon materi tersebut apabila tidak ada respon maka guru akan memberikan pertanyaan kepada siswa yang ditunjuk. Dalam menjawab siswa dibimbing oleh guru Matematika yang bersangkutan. Interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak dilakukan juga secara timbal balik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9669
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9669 https://eprints.ums.ac.id/9669/ PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK Prasetya, B. Ganda LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik materi pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD Negeri Batursari Batursari 5 Mranggen Demak (2) karakteristik tata ruang pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak (3) karakteristik interaksi pembelajaran matematika di sekolah unggulan SD negeri Batursari Batursari 5 Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak. Nara Sumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakteristik materi dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak untuk pengelolaannya dilakukan dengan melihat RPP yang sudah disusun, dari RPP ini guru kemudian mengembangkan dengan cara memilih dan menyeleksi serta menambahkan dari sumber lain. Semuanya disesuaikan dengan standar kompetensi, kompetensi dan tujuan materi itu sendiri. Apabila perencanaan materi pembelajaran matematika tersebut sudah disesuaikan maka dalam penyampaiannya sesuai dengan RPP baik metode maupun penyampaian materinya sendiri. (2) Karakteristik tata ruang dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak pengaturannya disesuaikan dengan besarnya ruangan dan jumlah siswa yang kemudian dikaitkan dengan jenis kegiatan dalam pembelajaran dengan memperhatikan faktor jendela sebagai ventilasi untuk menjaga suhu dan cahaya. Salah satu contohnya adalah menggunakan model meja berbentuk U yang bertujuan untuk meningkatkan interaktif dengan siswa dalam pembelajaran yang ada di SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak. (3) Karakteristik interaksi dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Unggulan SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak.dilakukan guru dengan memberikan suatu gambaran menarik terlebih dahulu mengenai materi yang disampaikan. Setelah itu guru membiarkan siswa merespon materi tersebut apabila tidak ada respon maka guru akan memberikan pertanyaan kepada siswa yang ditunjuk. Dalam menjawab siswa dibimbing oleh guru Matematika yang bersangkutan. Interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Batursari 5 Mranggen Demak dilakukan juga secara timbal balik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9669/2/Q100080125.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9669/1/Q100080125.pdf Prasetya, B. Ganda (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080125
spellingShingle LB Theory and practice of education
Prasetya, B. Ganda
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK
title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK
title_full PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK
title_fullStr PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK
title_full_unstemmed PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK
title_short PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN DEMAK
title_sort pengelolaan pembelajaran matematika pada sekolah unggulan di sd negeri batursari 5 mranggen demak
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9669/
work_keys_str_mv AT prasetyabganda pengelolaanpembelajaranmatematikapadasekolahunggulandisdnegeribatursari5mranggendemak