PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kurikulum yang digunakan di MTs Shabilul Huda Guntur Demak, (2) Karakteristik interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran di MTs Shabilul Huda Guntur Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanaka...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: Ashadi, Ashadi
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2010
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/9666/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804994872972673024
author Ashadi, Ashadi
author_facet Ashadi, Ashadi
author_sort Ashadi, Ashadi
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kurikulum yang digunakan di MTs Shabilul Huda Guntur Demak, (2) Karakteristik interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran di MTs Shabilul Huda Guntur Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Shabilul Huda Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Nara sumber dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa MTs Shabilul Huda. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data tertata dalam situs. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pemeriksaan dan memanfaatkan penggunaan derajat kepercayaan (credibiity); keteralihan (transferability); ketergantungan (dependability); dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MTs Shabilul Huda Guntur Demak telah menyusun dan mengembangkan KTSP yang sesuai dengan kebutuhan dan bercirikan agama Islam. Guru dalam melaksanakan pembelajaran berpedoman pada KTSP yang telah disusun dan dikembangkan bersama. Dalam pembelajaran, jam pelajaran agama porsinya lebih banyak dibandingkan dengan sekolah menengah pertama lainnya. Materi agama mendapat alokasi 10 jam pelajaran dalam satu minggu, (2) Penggunaan metode dalam pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah karena kurangnya sarana dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Sasaran evaluasi meliputi tujuan pembelajaran, unsur dinamis pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan strategi pembelajaran untuk mencapai usaha meningkatkan prestasi pembelajaran. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran di MTs Shabilul Huda adalah keberadaan sarana pembelajaran yang masih kurang dan tenaga pendidik masih banyak yang mengajar atau mengampu mata pelajaran tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9666
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9666 https://eprints.ums.ac.id/9666/ PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK Ashadi, Ashadi LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kurikulum yang digunakan di MTs Shabilul Huda Guntur Demak, (2) Karakteristik interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran di MTs Shabilul Huda Guntur Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Shabilul Huda Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Nara sumber dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa MTs Shabilul Huda. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data tertata dalam situs. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pemeriksaan dan memanfaatkan penggunaan derajat kepercayaan (credibiity); keteralihan (transferability); ketergantungan (dependability); dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MTs Shabilul Huda Guntur Demak telah menyusun dan mengembangkan KTSP yang sesuai dengan kebutuhan dan bercirikan agama Islam. Guru dalam melaksanakan pembelajaran berpedoman pada KTSP yang telah disusun dan dikembangkan bersama. Dalam pembelajaran, jam pelajaran agama porsinya lebih banyak dibandingkan dengan sekolah menengah pertama lainnya. Materi agama mendapat alokasi 10 jam pelajaran dalam satu minggu, (2) Penggunaan metode dalam pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah karena kurangnya sarana dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Sasaran evaluasi meliputi tujuan pembelajaran, unsur dinamis pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan strategi pembelajaran untuk mencapai usaha meningkatkan prestasi pembelajaran. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran di MTs Shabilul Huda adalah keberadaan sarana pembelajaran yang masih kurang dan tenaga pendidik masih banyak yang mengajar atau mengampu mata pelajaran tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9666/1/Q100080124.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9666/2/Q100080124.pdf Ashadi, Ashadi (2010) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080124
spellingShingle LB Theory and practice of education
Ashadi, Ashadi
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK
title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK
title_full PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK
title_fullStr PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK
title_full_unstemmed PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK
title_short PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs SHABILUL HUDA KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK
title_sort pelaksanaan pembelajaran di mts shabilul huda kecamatan guntur kabupaten demak
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9666/
work_keys_str_mv AT ashadiashadi pelaksanaanpembelajarandimtsshabilulhudakecamatangunturkabupatendemak