KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi supervisi klinis, penataran, dan keaktifan dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang secara simultan dan parsial. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif expo facto. Popul...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: Suwarsi, Suwarsi
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
Wydane: 2010
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/9664/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
_version_ 1804994872404344832
author Suwarsi, Suwarsi
author_facet Suwarsi, Suwarsi
author_sort Suwarsi, Suwarsi
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi supervisi klinis, penataran, dan keaktifan dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang secara simultan dan parsial. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif expo facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Kecamatan Ngaliyan dengan jumlah 233. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 139 guru yang diperoleh dari tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis, penataran, dan keaktifan guru dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R² sebesar 0,595 berarti variabel supervisi klinis, penataran, dan keaktifan guru dalam KKG secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel kemampuan profesional guru sebesar 59,5%. Sedangkan sisanya sebesar 40,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 19,13; (3) terdapat kontribusi variabel penataran terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,032 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 13,33; dan (4) terdapat kontribusi variabel keaktifan guru dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 27,09. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi tidak mengalami bias atau masalah asumsi klasik dapat dinyatakan BLUE (Best, Linier, Unbiased, Estimator).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9664
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9664 https://eprints.ums.ac.id/9664/ KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG Suwarsi, Suwarsi LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi supervisi klinis, penataran, dan keaktifan dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang secara simultan dan parsial. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif expo facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Kecamatan Ngaliyan dengan jumlah 233. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 139 guru yang diperoleh dari tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis, penataran, dan keaktifan guru dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R² sebesar 0,595 berarti variabel supervisi klinis, penataran, dan keaktifan guru dalam KKG secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel kemampuan profesional guru sebesar 59,5%. Sedangkan sisanya sebesar 40,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 19,13; (3) terdapat kontribusi variabel penataran terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,032 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 13,33; dan (4) terdapat kontribusi variabel keaktifan guru dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 27,09. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi tidak mengalami bias atau masalah asumsi klasik dapat dinyatakan BLUE (Best, Linier, Unbiased, Estimator). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9664/1/Q100080112.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9664/2/Q100080112.pdf Suwarsi, Suwarsi (2010) KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080112
spellingShingle LC Special aspects of education
Suwarsi, Suwarsi
KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
title KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
title_full KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
title_fullStr KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
title_full_unstemmed KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
title_short KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
title_sort kontribusi supervisi klinis penataran dan keaktifan guru dalam kkg terhadap kemampuan profesional guru sekolah dasar di kecamatan ngaliyan kota semarang
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/9664/
work_keys_str_mv AT suwarsisuwarsi kontribusisupervisiklinispenatarandankeaktifangurudalamkkgterhadapkemampuanprofesionalgurusekolahdasardikecamatanngaliyankotasemarang