DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010; dan (2) bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010. Metode yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIANTO , FAJAR EKO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9657/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994870481256448
author YULIANTO , FAJAR EKO
author_facet YULIANTO , FAJAR EKO
author_sort YULIANTO , FAJAR EKO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010; dan (2) bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu pemakaian diksi dan gaya bahasa wacana iklan yang terdapat pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010. teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif (reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi). Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010 yaitu: (a) pemakaian kata yang mengandung indria peraba, penciuman, dan penglihatan; (b) perubahan makna (ameliorasi); (c) pemakaian kata tutur; (d) pemakaian istilah asing. Bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010 yaitu: (a) gaya bahasa berdasarkan nada, yakni berupa gaya mulia dan bertenaga; (b) berdasarkan struktur kalimat, yaitu bentuk antitesis dan repetisi (repetisi tautotes dan repetisi anafora); (c) berdasarkan langsung tidaknya makna, yakni gaya bahasa retoris (bentuk asonansi, bentuk elipsis, bentuk erotesis atau pertanyaan retoris, dan bentuk hiperbol) dan gaya bahasa kiasan (bentuk personifikasi, alusi, dan sinekdoke).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9657
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9657 https://eprints.ums.ac.id/9657/ DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010 YULIANTO , FAJAR EKO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010; dan (2) bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu pemakaian diksi dan gaya bahasa wacana iklan yang terdapat pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010. teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif (reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi). Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010 yaitu: (a) pemakaian kata yang mengandung indria peraba, penciuman, dan penglihatan; (b) perubahan makna (ameliorasi); (c) pemakaian kata tutur; (d) pemakaian istilah asing. Bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada majalah Cita Cinta edisi bulan Desember 2009 – Februari 2010 yaitu: (a) gaya bahasa berdasarkan nada, yakni berupa gaya mulia dan bertenaga; (b) berdasarkan struktur kalimat, yaitu bentuk antitesis dan repetisi (repetisi tautotes dan repetisi anafora); (c) berdasarkan langsung tidaknya makna, yakni gaya bahasa retoris (bentuk asonansi, bentuk elipsis, bentuk erotesis atau pertanyaan retoris, dan bentuk hiperbol) dan gaya bahasa kiasan (bentuk personifikasi, alusi, dan sinekdoke). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9657/1/A310050190.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9657/3/A310050190.PDF YULIANTO , FAJAR EKO (2010) DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310050190
spellingShingle L Education (General)
YULIANTO , FAJAR EKO
DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010
title DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010
title_full DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010
title_fullStr DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010
title_full_unstemmed DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010
title_short DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA MAJALAH CITA CINTA EDISI BULAN DESEMBER 2009 – FEBRUARI 2010
title_sort diksi dan gaya bahasa wacana iklan pada majalah cita cinta edisi bulan desember 2009 februari 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9657/
work_keys_str_mv AT yuliantofajareko diksidangayabahasawacanaiklanpadamajalahcitacintaedisibulandesember2009februari2010