KONTRIBUSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KINERJA SEKOLAH SMP DI KOTA SEMARANG
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 2) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja sekolah SM...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English |
Được phát hành: |
2010
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/9652/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 2) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 3) mengetahui sejauhmana kontribusi ketersediaan sumber belajar
terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, dan 4) mengetahui sejauhmana kontribusi lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang Metode penelitian adalah kuantitatif. Populasi adalah kepala sekolah SMP di
Kota Semarang yang berjumlah 191 orang. Sampel diambil 123 kepala sekolah, dengan teknik proporsional random sampling. Alat pengumpul data adalah angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan
bantuan SPSS versi 15.00. Temuan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar, dan lingkungan
sosial terhadap kinerja sekolah secara simultan hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R2 adalah 0,638 (63,8%); (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,014 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 17,53%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan
ketersediaan sumber belajar terhadap kinerja sekolah hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 14,36%, dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 31,95% |
---|