KONTRIBUSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KINERJA SEKOLAH SMP DI KOTA SEMARANG

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 2) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja sekolah SM...

Full beskrivning

Sparad:
Bibliografiska uppgifter
Huvudupphovsman: SUBIYANTO, JOKO
Materialtyp: Lärdomsprov
Språk:English
English
Publicerad: 2010
Ämnen:
Länkar:https://eprints.ums.ac.id/9652/
Taggar: Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
Beskrivning
Sammanfattning:Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 2) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 3) mengetahui sejauhmana kontribusi ketersediaan sumber belajar terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, dan 4) mengetahui sejauhmana kontribusi lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang Metode penelitian adalah kuantitatif. Populasi adalah kepala sekolah SMP di Kota Semarang yang berjumlah 191 orang. Sampel diambil 123 kepala sekolah, dengan teknik proporsional random sampling. Alat pengumpul data adalah angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 15.00. Temuan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar, dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah secara simultan hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R2 adalah 0,638 (63,8%); (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,014 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 17,53%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan ketersediaan sumber belajar terhadap kinerja sekolah hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 14,36%, dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 31,95%