KONTRIBUSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KINERJA SEKOLAH SMP DI KOTA SEMARANG

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 2) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja sekolah SM...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: SUBIYANTO, JOKO
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/9652/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 2) mengetahui sejauhmana kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, 3) mengetahui sejauhmana kontribusi ketersediaan sumber belajar terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang, dan 4) mengetahui sejauhmana kontribusi lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah SMP di Kota Semarang Metode penelitian adalah kuantitatif. Populasi adalah kepala sekolah SMP di Kota Semarang yang berjumlah 191 orang. Sampel diambil 123 kepala sekolah, dengan teknik proporsional random sampling. Alat pengumpul data adalah angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 15.00. Temuan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar, dan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah secara simultan hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R2 adalah 0,638 (63,8%); (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,014 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 17,53%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan ketersediaan sumber belajar terhadap kinerja sekolah hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 14,36%, dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial terhadap kinerja sekolah hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 31,95%