PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SONOKULON 1 TODANAN BLORA TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas IV, dan mengetahui faktor-faktor penghambat dalam peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri. Teknik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYONO , DANANG YULY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9647/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas IV, dan mengetahui faktor-faktor penghambat dalam peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berseri. Teknik analisis data penelitian yang dipakai adalah model siklus. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) evaluasi (evaluating) dan (5) refleksi (reflekting). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Sonokulon 1 Todanan Blora, (2) pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar berseri dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, (3) pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri mampu menciptakan suasana yang baru dan menarik, sehingga siswa menjadi lebih imajinatif dalam mengembangkan keterampilan menulis karangan argumentasi.