PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMK RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL ( STUDI SITUS SMK 1 BLORA )

Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi, menggambarkan, mengkaji dan memaknai (1) Prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran berbasis TIK (2) Prinsip-prinsip pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK (3) Prinsip-prinsip penilaian pembelajaran berbasis TIK pada SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Interna...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yusman, Yusman
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9642/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi, menggambarkan, mengkaji dan memaknai (1) Prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran berbasis TIK (2) Prinsip-prinsip pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK (3) Prinsip-prinsip penilaian pembelajaran berbasis TIK pada SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai upaya untuk mengkaji secara alamiah fenomena yang tengah terjadi dalam keseluruhan kompleksitasnya. Peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih bersifat makna. Dengan pendekatan etnografi bertujuan sebagai upaya memperhatikan makna tindakan dari kejadian yang menimpa orang yang ingin kita pahami melalui kebudayaan pengelolaan pembelajaran berbasis TIK secara mendalam dan utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran berbasis TIK terdiri dari (1) Perencanan pembelajaran meliputi : penyediaan fasilitas jaringan komunikasi data, pangkalan data, media pembelajaran dan akses publik oleh sekolah, sedangkan guru perlu menentukan materi yang dapat disampaikan dengan media TIK; menetapkan kegiatan tatap muka dan kegiatan online; menetapkan alat pembelajaran TIK; sumber belajar meliputi buku-buku elektronik, alamat situs web, materi presentasi, materi multimedia; menetapkan metode penilaian tes atau non tes. (2) Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan dalam kegiatan tatap muka melalui tahapan penjelasan proses belajar; tahap eksplorasi sumber-sumber belajar; tahap kolaborasi berbagai sumber belajar untuk memperoleh pemahaman yang utuh; tahap refleksi mengambil kesimpulan dari topik yang sedang dipelajari, dan kegiatan online melalui LMS di luar kelas melalui tahapan mempelajari petunjuk belajar; mempelajari materi tutorial pada halaman web; mengikuti diskusi dan konsultasi online; mengerjakan tugas-tugas (3) Penilaian dilakukan dengan metode tes dan non tes yang dapat dilakukan dalam kegiatan tatap muka dan online dalam penilaian formatif dan sumatif. Metode tes dilakukan menggunakan tes interaktif yang dilengkapi dengan saran-saran dari hasil pekerjaan siswa. Metode non tes meliputi pemberian tugas mengembangkan topik-topik pembelajaran, menyusun materi diskusi, mengumpulkan materi pelajaran dari internet, forum online, membuat ringkasan dari materi secara online, atau membuat karya secara online.