DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA

Tujuan umum dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akreditasi sekolah, sarana prasarana, dan kompetensi sosial terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Tujuan khusus adalah: (1) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akridit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUMARNO, SUMARNO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9640/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994865889542144
author SUMARNO, SUMARNO
author_facet SUMARNO, SUMARNO
author_sort SUMARNO, SUMARNO
collection ePrints
description Tujuan umum dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akreditasi sekolah, sarana prasarana, dan kompetensi sosial terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Tujuan khusus adalah: (1) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akriditasi terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora, (2) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak sarana dan prasarana terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora, (3) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak kompetensi sosial guru terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Lokasi yang digunakan untuk penelitian adalah di SD kecamatan Kedungtuban Blora. Penelitian ini selama 4 bulan yang dimulai dari bulan Februari 2010 sampai dengan bulan Mei 2010. Pada penelitian ini yang menjadi populasinya adalah seluruh guru SD Kecamatan Kedungtuban Blora yang berjumlah 345 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 172 siswa dengan berdasarkan pada tabel Nomogram. Teknik pengambilan sampel (sampling) dengan menggunakan metode Propotionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian ini adalah (1) Variabel status akreditasi, Sarana prasarana, dan kompetensi sosial berdampak terhadap disiplin kerja guru yang dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung = 41,648 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05; (2) Variabel status akreditasi berdampak terhadap terhadap disiplin kerja guru di SD Kecamatan Kedungtuban Blora, yang dibuktikan dengan besarnya nilai t hitung (2,518) dengan nilai signifikan sebesar 0,013 < 0,05, dengan demikian semakin baik status akreditasi yang ada di SD Kecamatan Kedungtuban Blora, maka semakin tinggi disiplin kerja guru; (3) Variabel fasilitas pembelajaran mempunyai dampak searah terhadap disiplin kerja guru, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (5,560) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin baik fasilitas pembelajaran, maka semakin tinggi disiplin kerja guru; (4) Variabel kompetensi sosial mempunyai dampak searah terhadap disiplin kerja guru, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (5,599) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin tinggi kompetensi sosial, maka semakin tinggi disiplin kerja guru.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9640
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9640 https://eprints.ums.ac.id/9640/ DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA SUMARNO, SUMARNO LC Special aspects of education Tujuan umum dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akreditasi sekolah, sarana prasarana, dan kompetensi sosial terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Tujuan khusus adalah: (1) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akriditasi terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora, (2) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak sarana dan prasarana terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora, (3) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak kompetensi sosial guru terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Lokasi yang digunakan untuk penelitian adalah di SD kecamatan Kedungtuban Blora. Penelitian ini selama 4 bulan yang dimulai dari bulan Februari 2010 sampai dengan bulan Mei 2010. Pada penelitian ini yang menjadi populasinya adalah seluruh guru SD Kecamatan Kedungtuban Blora yang berjumlah 345 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 172 siswa dengan berdasarkan pada tabel Nomogram. Teknik pengambilan sampel (sampling) dengan menggunakan metode Propotionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian ini adalah (1) Variabel status akreditasi, Sarana prasarana, dan kompetensi sosial berdampak terhadap disiplin kerja guru yang dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung = 41,648 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05; (2) Variabel status akreditasi berdampak terhadap terhadap disiplin kerja guru di SD Kecamatan Kedungtuban Blora, yang dibuktikan dengan besarnya nilai t hitung (2,518) dengan nilai signifikan sebesar 0,013 < 0,05, dengan demikian semakin baik status akreditasi yang ada di SD Kecamatan Kedungtuban Blora, maka semakin tinggi disiplin kerja guru; (3) Variabel fasilitas pembelajaran mempunyai dampak searah terhadap disiplin kerja guru, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (5,560) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin baik fasilitas pembelajaran, maka semakin tinggi disiplin kerja guru; (4) Variabel kompetensi sosial mempunyai dampak searah terhadap disiplin kerja guru, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (5,599) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin tinggi kompetensi sosial, maka semakin tinggi disiplin kerja guru. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9640/1/Q100080047.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9640/2/Q100080047.pdf SUMARNO, SUMARNO (2010) DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080047
spellingShingle LC Special aspects of education
SUMARNO, SUMARNO
DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA
title DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA
title_full DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA
title_fullStr DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA
title_full_unstemmed DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA
title_short DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA
title_sort dampak status akriditasi sekolah sarana prasarana dan kompetensi sosial terhadap disiplin kerja guru sd kecamatan kedungtuban blora
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/9640/
work_keys_str_mv AT sumarnosumarno dampakstatusakriditasisekolahsaranaprasaranadankompetensisosialterhadapdisiplinkerjagurusdkecamatankedungtubanblora