DAMPAK STATUS AKRIDITASI SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD KECAMATAN KEDUNGTUBAN BLORA

Tujuan umum dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akreditasi sekolah, sarana prasarana, dan kompetensi sosial terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Tujuan khusus adalah: (1) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akridit...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SUMARNO, SUMARNO
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9640/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan umum dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akreditasi sekolah, sarana prasarana, dan kompetensi sosial terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Tujuan khusus adalah: (1) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak status akriditasi terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora, (2) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak sarana dan prasarana terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora, (3) Untuk menganalisis dan mengkaji dampak kompetensi sosial guru terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Blora. Lokasi yang digunakan untuk penelitian adalah di SD kecamatan Kedungtuban Blora. Penelitian ini selama 4 bulan yang dimulai dari bulan Februari 2010 sampai dengan bulan Mei 2010. Pada penelitian ini yang menjadi populasinya adalah seluruh guru SD Kecamatan Kedungtuban Blora yang berjumlah 345 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 172 siswa dengan berdasarkan pada tabel Nomogram. Teknik pengambilan sampel (sampling) dengan menggunakan metode Propotionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian ini adalah (1) Variabel status akreditasi, Sarana prasarana, dan kompetensi sosial berdampak terhadap disiplin kerja guru yang dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung = 41,648 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05; (2) Variabel status akreditasi berdampak terhadap terhadap disiplin kerja guru di SD Kecamatan Kedungtuban Blora, yang dibuktikan dengan besarnya nilai t hitung (2,518) dengan nilai signifikan sebesar 0,013 < 0,05, dengan demikian semakin baik status akreditasi yang ada di SD Kecamatan Kedungtuban Blora, maka semakin tinggi disiplin kerja guru; (3) Variabel fasilitas pembelajaran mempunyai dampak searah terhadap disiplin kerja guru, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (5,560) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin baik fasilitas pembelajaran, maka semakin tinggi disiplin kerja guru; (4) Variabel kompetensi sosial mempunyai dampak searah terhadap disiplin kerja guru, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (5,599) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin tinggi kompetensi sosial, maka semakin tinggi disiplin kerja guru.