DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengenalisis dampak peran kepala sekolah sebagai administrator supervisor, leader, innovator, dan motivator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (2) Untuk menganalisis dampak peran kepala sekolah sebagai administrator terhadap kualitas seko...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9639/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994865608523776 |
---|---|
author | SUMARLAN, SUMARLAN |
author_facet | SUMARLAN, SUMARLAN |
author_sort | SUMARLAN, SUMARLAN |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengenalisis dampak peran kepala sekolah sebagai administrator supervisor, leader, innovator, dan motivator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (2) Untuk menganalisis dampak
peran kepala sekolah sebagai administrator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (3) Untuk menganalisis dampak peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (4) Untuk menganalisis dampak peran kepala sekolah sebagai leader terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (5) Untuk mengenalisis dampak peran kepala sekolah sebagai innovator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (6) Untuk mengenalisis dampak peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah SMP Negeri Kabupaten Blora yang berjumlah 108 kepala sekolah. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 orang. Dari 78 angket yang disebar ternyata 3 angket tidak kembali dan 3 anngket cacat/rusak. Sehingga angket yang dapat digunakan untuk penelitian adalah sebanyak 72 angket. Sebelum angket digunakan untuk penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap 30 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear
berganda. Hasil penelitian adalah (1) Peran kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah sebagai
innovator, dan kepala sekolah sebagai motivator berdampak positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora yang p sebesar 0,000 dan nilai R2 sebesar 0,854. (2) Peran kepala sekolah sebagai administrator berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora, dengan nilai sig sebesar 0,015 yang berarti < 0,05. (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,005 yang berarti < 0,05. (4) Peran kepala sekolah sebagai leader berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora, dengan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. (5) Peran kepala sekolah sebagai innovator berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,025 yang berarti < 0,05. (6) Peran kepala sekolah sebagai motivator berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,040 yang berarti < 0,05. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9639 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9639 https://eprints.ums.ac.id/9639/ DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA SUMARLAN, SUMARLAN LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengenalisis dampak peran kepala sekolah sebagai administrator supervisor, leader, innovator, dan motivator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (2) Untuk menganalisis dampak peran kepala sekolah sebagai administrator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (3) Untuk menganalisis dampak peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (4) Untuk menganalisis dampak peran kepala sekolah sebagai leader terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (5) Untuk mengenalisis dampak peran kepala sekolah sebagai innovator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. (6) Untuk mengenalisis dampak peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kualitas sekolah di SMP Negeri Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah SMP Negeri Kabupaten Blora yang berjumlah 108 kepala sekolah. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 orang. Dari 78 angket yang disebar ternyata 3 angket tidak kembali dan 3 anngket cacat/rusak. Sehingga angket yang dapat digunakan untuk penelitian adalah sebanyak 72 angket. Sebelum angket digunakan untuk penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap 30 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah (1) Peran kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah sebagai innovator, dan kepala sekolah sebagai motivator berdampak positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora yang p sebesar 0,000 dan nilai R2 sebesar 0,854. (2) Peran kepala sekolah sebagai administrator berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora, dengan nilai sig sebesar 0,015 yang berarti < 0,05. (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,005 yang berarti < 0,05. (4) Peran kepala sekolah sebagai leader berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora, dengan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. (5) Peran kepala sekolah sebagai innovator berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,025 yang berarti < 0,05. (6) Peran kepala sekolah sebagai motivator berdampak positif dan signifikan terhadap kualitas sekolah di SMP Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,040 yang berarti < 0,05. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9639/2/Q100080046.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9639/1/Q100080046.pdf SUMARLAN, SUMARLAN (2010) DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080046 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education SUMARLAN, SUMARLAN DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA |
title | DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA |
title_full | DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA |
title_fullStr | DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA |
title_full_unstemmed | DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA |
title_short | DAMPAK FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN BLORA |
title_sort | dampak faktor faktor strategik tugas pokok kepala sekolah terhadap kualitas sekolah menengah pertama kabupaten blora |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/9639/ |
work_keys_str_mv | AT sumarlansumarlan dampakfaktorfaktorstrategiktugaspokokkepalasekolahterhadapkualitassekolahmenengahpertamakabupatenblora |