PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik pengelolaan sarana prasarana pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan gedung/ruang belajar sebagai pendukung pembelajaran di SMP...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUKUR, SUKUR
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9638/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994865341136896
author SUKUR, SUKUR
author_facet SUKUR, SUKUR
author_sort SUKUR, SUKUR
collection ePrints
description Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik pengelolaan sarana prasarana pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan gedung/ruang belajar sebagai pendukung pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora dan mendeskripsikan Karakteristik perawatan gedung/ruang belajar di SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Desain penelitian ini menggunakan laporan studi situs karena sesuai bagi penyajian realitas multiperspektif dengan kekayaan deskripsinya. Pengumpulan data dilakukan dengan 1) wawancara dengan kepala sekolah, para guru dan petugas penjaga sekolah, 2) observasi di lokasi penelitian, 3) dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) pengelolaan gedung dan ruang kelas dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. SMP 1 Kedungtuban pernah menumpang dengan sekolah lain karena ketiadaan gedung. Seiring dengan perkembangannya, SMP 1 Kedungtuban mulai mempunyai gedung secara mandiri.2) jumlah gedung ditambah sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas. 3) jumlah kelas yang ada saat ini sudah ideal dan disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar sehingga tidak perlu untuk ditambah lagi. 4) pembangunan gedung dan ruang kelas menggunakan proyek dan bantuan dana dari pemerintah. 5) sekolah menunjuk petugas penjaga sekolah untuk melakukan perawatan terhadap terhadap sejumlah fasilitas pembelajaran secara rutin dan berkelanjutan. 6) wali kelas mempunyai kewajiban untuk mengkoordinasikan anak didiknya dalam menjaga kondisi ruang kelas agar dapat digunakan menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara aman dan nyaman. Saran dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) jumlah kelas harus disesusaikan dengan ketersedian lahan dan kemampuan sumber daya manusia agar tidak terjadi permasalahan baru. 2) perawatan terhadap fasilitas pembelajaran merupakan dilakukan secara sistemik yang melibatkan seluruh warga sekolah karena sekolah merupakan sebuah system yang saling berkaitan satu dengan yang lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9638
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9638 https://eprints.ums.ac.id/9638/ PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora) SUKUR, SUKUR LB Theory and practice of education Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik pengelolaan sarana prasarana pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan gedung/ruang belajar sebagai pendukung pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora dan mendeskripsikan Karakteristik perawatan gedung/ruang belajar di SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Desain penelitian ini menggunakan laporan studi situs karena sesuai bagi penyajian realitas multiperspektif dengan kekayaan deskripsinya. Pengumpulan data dilakukan dengan 1) wawancara dengan kepala sekolah, para guru dan petugas penjaga sekolah, 2) observasi di lokasi penelitian, 3) dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) pengelolaan gedung dan ruang kelas dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. SMP 1 Kedungtuban pernah menumpang dengan sekolah lain karena ketiadaan gedung. Seiring dengan perkembangannya, SMP 1 Kedungtuban mulai mempunyai gedung secara mandiri.2) jumlah gedung ditambah sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas. 3) jumlah kelas yang ada saat ini sudah ideal dan disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar sehingga tidak perlu untuk ditambah lagi. 4) pembangunan gedung dan ruang kelas menggunakan proyek dan bantuan dana dari pemerintah. 5) sekolah menunjuk petugas penjaga sekolah untuk melakukan perawatan terhadap terhadap sejumlah fasilitas pembelajaran secara rutin dan berkelanjutan. 6) wali kelas mempunyai kewajiban untuk mengkoordinasikan anak didiknya dalam menjaga kondisi ruang kelas agar dapat digunakan menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara aman dan nyaman. Saran dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) jumlah kelas harus disesusaikan dengan ketersedian lahan dan kemampuan sumber daya manusia agar tidak terjadi permasalahan baru. 2) perawatan terhadap fasilitas pembelajaran merupakan dilakukan secara sistemik yang melibatkan seluruh warga sekolah karena sekolah merupakan sebuah system yang saling berkaitan satu dengan yang lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9638/1/Q100080045.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9638/2/Q100080045.pdf SUKUR, SUKUR (2010) PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080045
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUKUR, SUKUR
PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora)
title PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora)
title_full PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora)
title_fullStr PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora)
title_full_unstemmed PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora)
title_short PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN (Studi Situs SMP Negeri 1 Kedungtuban, Blora)
title_sort pengelolaan sarana prasarana pembelajaran studi situs smp negeri 1 kedungtuban blora
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9638/
work_keys_str_mv AT sukursukur pengelolaansaranaprasaranapembelajaranstudisitussmpnegeri1kedungtubanblora