PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1)

Sesuai dengan fokus penelitian tersebut di atas, secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan sumber dana pendidikan dasar Sekolah Dasar Negeri Todanan 1, dan secara khusus tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik cara mempero...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: SUKARDI, SUKARDI
פורמט: Thesis
שפה:English
English
יצא לאור: 2010
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/9637/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
_version_ 1804994865063264256
author SUKARDI, SUKARDI
author_facet SUKARDI, SUKARDI
author_sort SUKARDI, SUKARDI
collection ePrints
description Sesuai dengan fokus penelitian tersebut di atas, secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan sumber dana pendidikan dasar Sekolah Dasar Negeri Todanan 1, dan secara khusus tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik cara memperoleh dana pendidikan dasar di SD Negeri Todanan 1. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik alokasi dana pendidikan dasar di SD Negeri Todanan 1. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik jaringan kerja pengelola dana pendidikan dasar di SD Negeri Todanan 1. Penelitian dilakukan di SD Negeri Todanan 1 Kabupaten Blora, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan tiga prosedur yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah (1) Cara memperoleh dana pendidikan baik yang bersumber dari pemerintah melalui APBN, APBD, maupun dari masyarakat, khususnya orang tua diperoleh dengan pengajuan RAPBS. Pengajuan RAPBS kepada Pemerintah dilakukan selambat-lambatnya bulan September. Sedangkan dana yang bersumber dari m asyarakat diajukan melalui rapat bersama orang tua murid dan komite sekolah. (2) Alokasi dana pendidikan yang bersumber dari pemerintah dialokasikan untuk: Pengeluaran opersional, meliputi: belanja pegawai, belanja barang, belanja pemeliharaan, belanja lain-lain, Pengembangan pembelajaran, Pembinaan profesional, Kesejahteraan, Peran serta masyarakat, Kegiatan ekstrakurikuler, Sarana dan prasarana, Pelapaoran, Biaya yang disediakan oleh pemerintah tidak mencukupi keperluan operasional sekolah.Alokasi dana pendidikan yang berasal dari dana bantuan opersionan Sekolah (BOS) (3) Jaringan kerja dalam perencanan keuangan terjadi antara kepala sekolah, guru, staf, komite sekolah, dan orang tua murid. Jaringan kerja dalam penggunaan dana pendidikan, terjadi antara kepala sekolah, bendahara, guru, dan staf. Jaringan kerja dalam pelaporan pertanggung jawaban terjadi antara kepala sekolah, bendahara dan komite sekolah. Jaringan kerja dalam rangka pengawasan keuangan terjadi anara Kepala Sekolah, komite sekolah dan bendahara. Jaringan kerja Kepala Sekolah dalam mengelola keuangan dilaksanakan dalam rangka menyusun rencana, mengelola, dan mempertangung jawabkan keuangan sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9637
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9637 https://eprints.ums.ac.id/9637/ PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1) SUKARDI, SUKARDI LB Theory and practice of education Sesuai dengan fokus penelitian tersebut di atas, secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan sumber dana pendidikan dasar Sekolah Dasar Negeri Todanan 1, dan secara khusus tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik cara memperoleh dana pendidikan dasar di SD Negeri Todanan 1. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik alokasi dana pendidikan dasar di SD Negeri Todanan 1. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik jaringan kerja pengelola dana pendidikan dasar di SD Negeri Todanan 1. Penelitian dilakukan di SD Negeri Todanan 1 Kabupaten Blora, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan tiga prosedur yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah (1) Cara memperoleh dana pendidikan baik yang bersumber dari pemerintah melalui APBN, APBD, maupun dari masyarakat, khususnya orang tua diperoleh dengan pengajuan RAPBS. Pengajuan RAPBS kepada Pemerintah dilakukan selambat-lambatnya bulan September. Sedangkan dana yang bersumber dari m asyarakat diajukan melalui rapat bersama orang tua murid dan komite sekolah. (2) Alokasi dana pendidikan yang bersumber dari pemerintah dialokasikan untuk: Pengeluaran opersional, meliputi: belanja pegawai, belanja barang, belanja pemeliharaan, belanja lain-lain, Pengembangan pembelajaran, Pembinaan profesional, Kesejahteraan, Peran serta masyarakat, Kegiatan ekstrakurikuler, Sarana dan prasarana, Pelapaoran, Biaya yang disediakan oleh pemerintah tidak mencukupi keperluan operasional sekolah.Alokasi dana pendidikan yang berasal dari dana bantuan opersionan Sekolah (BOS) (3) Jaringan kerja dalam perencanan keuangan terjadi antara kepala sekolah, guru, staf, komite sekolah, dan orang tua murid. Jaringan kerja dalam penggunaan dana pendidikan, terjadi antara kepala sekolah, bendahara, guru, dan staf. Jaringan kerja dalam pelaporan pertanggung jawaban terjadi antara kepala sekolah, bendahara dan komite sekolah. Jaringan kerja dalam rangka pengawasan keuangan terjadi anara Kepala Sekolah, komite sekolah dan bendahara. Jaringan kerja Kepala Sekolah dalam mengelola keuangan dilaksanakan dalam rangka menyusun rencana, mengelola, dan mempertangung jawabkan keuangan sekolah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9637/2/Q100080044.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9637/1/Q100080044.pdf SUKARDI, SUKARDI (2010) PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080044
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUKARDI, SUKARDI
PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1)
title PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1)
title_full PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1)
title_fullStr PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1)
title_full_unstemmed PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1)
title_short PENGELOLAAN SUMBER DANA PENDIDIKAN DASAR (Studi Situs SDN Todanan 1)
title_sort pengelolaan sumber dana pendidikan dasar studi situs sdn todanan 1
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9637/
work_keys_str_mv AT sukardisukardi pengelolaansumberdanapendidikandasarstudisitussdntodanan1