INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora, (2) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SRIYATI, SRIYATI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9634/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994864253763584
author SRIYATI, SRIYATI
author_facet SRIYATI, SRIYATI
author_sort SRIYATI, SRIYATI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora, (2) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah adalah metode kualitatif. Dalam penelitian kualitatif memandang obyek sebagai sesuatu yang dinamis, hasil kontruksi pemikiran dan interprestasi terhadap gejala yang dinamis, serta utuh (holistic) karena setiap aspek dari obyek itu mempunyai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Subyek (nara sumber) penelitian adalah guru matematika kelas IX, siswa kelas IX dan Kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMP 2 Randublatung sejak bulan Februari 2010 sampai dengan Mei 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN terjad i didalam kelas dan diluar kelas. Pada saat proses pembelajaran matematika didalam kelas maka terjadilah interaksi antara guru dan siswa yang sangat baik , akrap penuh kekeluargaan. Hal ini terlihat siswa selalu mengerjakan soal dibuku tulis dan siswa berani mengerjakan soal dipapan tulis. Interaksi antara siswa dan guru dapat terjadi diluar kelas ketika siswa masih mengalami kesulitan belajar didalam kelas Hal ini terlihat guru memberikan penjelasan kes iswa dikantor guru pada siswa yang belum paham konsep maupun soal yang berkaitan dengan konsep maka tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, (2) interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN sangat baik , akrab, kekeluargaan , tidak ada permusuhan diantara siswa, sehingga diantara siswa mampu menyelesaikan kesulitan belajar baik mengenai konsep yang baru dikenalnya, maupun mengenai soal prediksi UN 2010. Hal ini dapat dilihat pada saat siswa didalam kelas berdiskusi dengan ba ik saling menghormati sedang diluar kelas siswa membentuk kelompok belajar dengan teman sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9634
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9634 https://eprints.ums.ac.id/9634/ INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora) SRIYATI, SRIYATI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora, (2) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah adalah metode kualitatif. Dalam penelitian kualitatif memandang obyek sebagai sesuatu yang dinamis, hasil kontruksi pemikiran dan interprestasi terhadap gejala yang dinamis, serta utuh (holistic) karena setiap aspek dari obyek itu mempunyai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Subyek (nara sumber) penelitian adalah guru matematika kelas IX, siswa kelas IX dan Kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMP 2 Randublatung sejak bulan Februari 2010 sampai dengan Mei 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN terjad i didalam kelas dan diluar kelas. Pada saat proses pembelajaran matematika didalam kelas maka terjadilah interaksi antara guru dan siswa yang sangat baik , akrap penuh kekeluargaan. Hal ini terlihat siswa selalu mengerjakan soal dibuku tulis dan siswa berani mengerjakan soal dipapan tulis. Interaksi antara siswa dan guru dapat terjadi diluar kelas ketika siswa masih mengalami kesulitan belajar didalam kelas Hal ini terlihat guru memberikan penjelasan kes iswa dikantor guru pada siswa yang belum paham konsep maupun soal yang berkaitan dengan konsep maka tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, (2) interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran matematika menghadapi UN sangat baik , akrab, kekeluargaan , tidak ada permusuhan diantara siswa, sehingga diantara siswa mampu menyelesaikan kesulitan belajar baik mengenai konsep yang baru dikenalnya, maupun mengenai soal prediksi UN 2010. Hal ini dapat dilihat pada saat siswa didalam kelas berdiskusi dengan ba ik saling menghormati sedang diluar kelas siswa membentuk kelompok belajar dengan teman sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9634/1/Q100080037.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9634/2/Q100080037.pdf SRIYATI, SRIYATI (2010) INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080037
spellingShingle LB Theory and practice of education
SRIYATI, SRIYATI
INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora)
title INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora)
title_full INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora)
title_fullStr INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora)
title_full_unstemmed INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora)
title_short INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGHADAPI UN (Studi Situs SMP 2 Randublatung Kabupaten Blora)
title_sort interaksi pembelajaran matematika menghadapi un studi situs smp 2 randublatung kabupaten blora
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9634/
work_keys_str_mv AT sriyatisriyati interaksipembelajaranmatematikamenghadapiunstudisitussmp2randublatungkabupatenblora