PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang karakteristik pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Secara khusus, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang karakteristik promosi, sele...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIYONO, SLAMET
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9631/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994863428534272
author WIYONO, SLAMET
author_facet WIYONO, SLAMET
author_sort WIYONO, SLAMET
collection ePrints
description Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang karakteristik pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Secara khusus, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang karakteristik promosi, seleksi, dan pelaporan penerimaan peserta didik baru di SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi tiga langkah pokok, yaitu : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan kegiatan penerimaan peserta didik baru di SMP 1 Randublatung sudah berjalan sesuai aturan yang ada yaitu Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora nomor : 422.1/162 Tahun 2009 tentang Pedoman Penerimaan Peseta Didik Baru Tahun Pelajaran 2009/2010. Kegiatan tersebut meliputi pendaftaran, seleksi, pengumuman, daftar ulang sampai pelaporan. Promosi yang dilaksanakan adalah pemasangan spanduk, edaran ke SD di wilayah kecamatan Randublatung dan try-out UASBN untuk siswa kelas VI. Manfaat promosi dengan try-out adalah sekolah dapat melaksanakan tiga kegiatan dalam waktu satu hari. Pertama untuk menjaring calon siswa baru. Kedua untuk ikut meningkatkan hasil lulusan SD di wilayah Randublatung. Ketiga sebagai tindak lanjut sosialisasi program sekolah yaitu membuka kelas unggulan. Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP 1 Randublatung untuk kelas unggulan direncanakan dengan tes dan wawancara. Mengacu Peraturan Kepala Dinas Pendidikan di atas bahwa untuk sekolah katagori Sekolah Standar dan Sekolah Standar Nasional proses seleksinya cukup menggunakan nilai UASBN, Nilai US dan Nilai Bakat/Prestasi bagi yang memiliki. Dengan dasar itu maka saat pendaftaran siswa tinggal memilih kelas unggulan atau kelas reguler. Jumlah pendaftar 361 siswa. Diterima 316 sesuai daya tampung, rincian kelas reguler 284 siswa (8 kelas) dan kelas unggulan 32 siswa (1 kelas). Hambatan yang ada khususnya untuk membuka kelas unggulan. Direncanakan 64 siswa (2 kelas), ternyata yang berminat baru 32 siswa (1 kelas). Hal ini terjadi karena faktor dana. Kelas unggulan sifatnya mandiri khususnya untuk pengadaan sarana penunjang dibebankan pada orang tua. Semoga ke depan anggaran pendidikan dari pemerintah lebih meningkat sehingga program kelas unggulan dapat berjalan sesuai dengan rencana.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9631
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9631 https://eprints.ums.ac.id/9631/ PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora) WIYONO, SLAMET LB Theory and practice of education Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang karakteristik pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Secara khusus, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang karakteristik promosi, seleksi, dan pelaporan penerimaan peserta didik baru di SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi tiga langkah pokok, yaitu : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan kegiatan penerimaan peserta didik baru di SMP 1 Randublatung sudah berjalan sesuai aturan yang ada yaitu Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora nomor : 422.1/162 Tahun 2009 tentang Pedoman Penerimaan Peseta Didik Baru Tahun Pelajaran 2009/2010. Kegiatan tersebut meliputi pendaftaran, seleksi, pengumuman, daftar ulang sampai pelaporan. Promosi yang dilaksanakan adalah pemasangan spanduk, edaran ke SD di wilayah kecamatan Randublatung dan try-out UASBN untuk siswa kelas VI. Manfaat promosi dengan try-out adalah sekolah dapat melaksanakan tiga kegiatan dalam waktu satu hari. Pertama untuk menjaring calon siswa baru. Kedua untuk ikut meningkatkan hasil lulusan SD di wilayah Randublatung. Ketiga sebagai tindak lanjut sosialisasi program sekolah yaitu membuka kelas unggulan. Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP 1 Randublatung untuk kelas unggulan direncanakan dengan tes dan wawancara. Mengacu Peraturan Kepala Dinas Pendidikan di atas bahwa untuk sekolah katagori Sekolah Standar dan Sekolah Standar Nasional proses seleksinya cukup menggunakan nilai UASBN, Nilai US dan Nilai Bakat/Prestasi bagi yang memiliki. Dengan dasar itu maka saat pendaftaran siswa tinggal memilih kelas unggulan atau kelas reguler. Jumlah pendaftar 361 siswa. Diterima 316 sesuai daya tampung, rincian kelas reguler 284 siswa (8 kelas) dan kelas unggulan 32 siswa (1 kelas). Hambatan yang ada khususnya untuk membuka kelas unggulan. Direncanakan 64 siswa (2 kelas), ternyata yang berminat baru 32 siswa (1 kelas). Hal ini terjadi karena faktor dana. Kelas unggulan sifatnya mandiri khususnya untuk pengadaan sarana penunjang dibebankan pada orang tua. Semoga ke depan anggaran pendidikan dari pemerintah lebih meningkat sehingga program kelas unggulan dapat berjalan sesuai dengan rencana. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9631/2/Q100080031.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9631/1/Q100080031.pdf WIYONO, SLAMET (2010) PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080031
spellingShingle LB Theory and practice of education
WIYONO, SLAMET
PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)
title PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)
title_full PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)
title_fullStr PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)
title_full_unstemmed PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)
title_short PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)
title_sort pengelolaan penerimaan peserta didik baru smp ssn situs studi smp 1 randublatung kabupaten blora
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9631/
work_keys_str_mv AT wiyonoslamet pengelolaanpenerimaanpesertadidikbarusmpssnsitusstudismp1randublatungkabupatenblora