DAMPAK SOSIAL EKONOMI KELUARGA, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP 1 DOPLANG KABUPATEN BLORA

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis dan menguji dampak sosial ekonomi keluarga, fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora, 2) untuk menganalisis dan menguji dampak sosial ekonomi keluarga terhadap minat b...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: PATIMAH, SITI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/9630/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis dan menguji dampak sosial ekonomi keluarga, fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora, 2) untuk menganalisis dan menguji dampak sosial ekonomi keluarga terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora, 3) untuk menganalisis dan menguji dampak fasilitas belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora, 4) untuk menganalisis dan menguji dampak lingkungan belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 240 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 142 siswa. Sampling dalam penelitian ini dengan proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik análisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah 1) ada dampak yang signifikan sosial ekonomi keluarga, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora yang dibuktikan dengan besar = 81,384 dengan nilai sig 0,000 < 0,05, 2) ada dampak sosial ekonomi keluarga terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora yang dibuktikan dengan nilai = 3,102 dengan nilai sig 0,002 < 0,05, 3) ada dampak fasilitas belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora yang dibuktikan dengan nilai = 2,467 dengan nilai sig 0,015 < 0,05, 4) ada dampak lingkungan belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Doplang kabupaten Blora yang dibuktikan dengan nilai = 4,431 dengan nilai sig 0,000 < 0.05.