DAMPAK KOMPETENSI PEDAGOGIK, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SMK KABUPATEN BLORA
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji dampak kompetensi pedagogik, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (2) untuk menganalisis dampak kompetensi pedagogik terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (3) untuk menganalisis da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9626/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji dampak kompetensi pedagogik, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (2) untuk menganalisis dampak kompetensi pedagogik
terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (3) untuk menganalisis dampak tingkat pendidikan terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (4) Untuk menganalisis dampak pengalaman kerja terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora. Tempat penelitian adalah SMK Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Kabupaten Blora yang berjumlah 334 guru. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 guru dengan berdasarkan pada tabel Nomogram. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Uji
asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji otokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji mltikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Kompetensi pedagogik, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja berdampak positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora yang p sebesar 0,000 dan nilai R2 sebesar 0,454. (2) Kompetensi pedagogik berdampak positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora, dengan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Besarnya sumbangan efektif variabel kompetensi pedagogik adalah 26,13%. Kompetensi pedagogik merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora. (3) Tingkat Pendidikan berdampak positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,029 yang berarti < 0,05. Besarnya sumbangan efektif variabel tingkat pendidikan adalah 4,30%. (4) Pengalaman kerja berdampak positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten
Blora dengan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Besarnya sumbangan efektif variabel pengalaman kerja adalah 14,96% |
---|