PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning dan metode konvensional kelas VIII SMP Negeri 3 Gantiwarno Tahun ajaran 2009/2010. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Gantiwarno. Populasi dalam peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIYANTI , ARIYANTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9625/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994861773881344
author ARIYANTI , ARIYANTI
author_facet ARIYANTI , ARIYANTI
author_sort ARIYANTI , ARIYANTI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning dan metode konvensional kelas VIII SMP Negeri 3 Gantiwarno Tahun ajaran 2009/2010. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Gantiwarno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C untuk metode konvensional dan kelas VIII D untuk metode contextual teaching and learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,905 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%, maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara kelompok siswa yang diberi pembelajaran CTL dan metode konvensional. Prestasi belajar ekonomi hasil pembelajaran menggunakan metode CTL (8,292) lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi hasil pembelajaran menggunakan dengan metode konvensional (7,492) atau terdapat selisih sebesar 0,800. Artinya pembelajaran dengan metode CTL lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9625
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9625 https://eprints.ums.ac.id/9625/ PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010 ARIYANTI , ARIYANTI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning dan metode konvensional kelas VIII SMP Negeri 3 Gantiwarno Tahun ajaran 2009/2010. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Gantiwarno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C untuk metode konvensional dan kelas VIII D untuk metode contextual teaching and learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,905 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%, maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara kelompok siswa yang diberi pembelajaran CTL dan metode konvensional. Prestasi belajar ekonomi hasil pembelajaran menggunakan metode CTL (8,292) lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi hasil pembelajaran menggunakan dengan metode konvensional (7,492) atau terdapat selisih sebesar 0,800. Artinya pembelajaran dengan metode CTL lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9625/1/A210060182.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9625/2/A210060182.pdf ARIYANTI , ARIYANTI (2010) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060182
spellingShingle L Education (General)
ARIYANTI , ARIYANTI
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran metode contextual teaching and learning dan metode konvensional mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas viii sekolah menengah pertama negeri iii gantiwarno tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9625/
work_keys_str_mv AT ariyantiariyanti perbedaanprestasibelajarantarapembelajaranmetodecontextualteachingandlearningdanmetodekonvensionalmatapelajaranekonomipadasiswakelasviiisekolahmenengahpertamanegeriiiigantiwarnotahunajaran20092010