PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN METODE KONVENSIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI III GANTIWARNO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning dan metode konvensional kelas VIII SMP Negeri 3 Gantiwarno Tahun ajaran 2009/2010. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Gantiwarno. Populasi dalam peneli...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: ARIYANTI , ARIYANTI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9625/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning dan metode konvensional kelas VIII SMP Negeri 3 Gantiwarno Tahun ajaran 2009/2010. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Gantiwarno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C untuk metode konvensional dan kelas VIII D untuk metode contextual teaching and learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,905 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%, maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara kelompok siswa yang diberi pembelajaran CTL dan metode konvensional. Prestasi belajar ekonomi hasil pembelajaran menggunakan metode CTL (8,292) lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi hasil pembelajaran menggunakan dengan metode konvensional (7,492) atau terdapat selisih sebesar 0,800. Artinya pembelajaran dengan metode CTL lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.