PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan kesulitan – kesulitan yang dialami dalam pembelajaran Ekonomi 2) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran Ekonomi 3) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan tipe belajar (...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANDRIAN W, OKKY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9624/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994861491814400
author ANDRIAN W, OKKY
author_facet ANDRIAN W, OKKY
author_sort ANDRIAN W, OKKY
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan kesulitan – kesulitan yang dialami dalam pembelajaran Ekonomi 2) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran Ekonomi 3) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan tipe belajar ( visual, auditori dan kinestetik ) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 180 siswa sehingga sampel yang digunakan 119 dan sampling yang di gunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 48,421 + 0,428X1 + 0,341X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh tipologi belajar dan kesulitan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar antara tipologi belajar visual, auditori dan kinestetik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel tipologi belajar sebesar 5,041, sehingga thitung > ttabel atau 5,041 > 1,981 (α = 0,05); 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar ditinjau dari kesulitan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kesulitan belajar sebesar 8,607, sehingga thitung > ttabel atau 8,607 > 1,981 (α = 0,05); 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tipologi belajar (visual, auditori dan kinestetik) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 113,580 > 3,074 (α = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,662, berarti 66,2 % prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel tipologi belajar dan kesulitan belajar; 5) Sumbangan efektif variabel tipologi belajar (X1) memberikan kontribusi sebesar 22,3% terhadap prestasi belajar ekonomi, sementara kesulitan belajar (X2) memberikan kontribusi sebesar 43,9% terhadap prestasi belajar ekonomi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 66,2%, sementara 33,8% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9624
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9624 https://eprints.ums.ac.id/9624/ PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010 ANDRIAN W, OKKY L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan kesulitan – kesulitan yang dialami dalam pembelajaran Ekonomi 2) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran Ekonomi 3) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan tipe belajar ( visual, auditori dan kinestetik ) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 180 siswa sehingga sampel yang digunakan 119 dan sampling yang di gunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 48,421 + 0,428X1 + 0,341X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh tipologi belajar dan kesulitan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar antara tipologi belajar visual, auditori dan kinestetik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel tipologi belajar sebesar 5,041, sehingga thitung > ttabel atau 5,041 > 1,981 (α = 0,05); 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar ditinjau dari kesulitan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kesulitan belajar sebesar 8,607, sehingga thitung > ttabel atau 8,607 > 1,981 (α = 0,05); 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tipologi belajar (visual, auditori dan kinestetik) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 113,580 > 3,074 (α = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,662, berarti 66,2 % prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel tipologi belajar dan kesulitan belajar; 5) Sumbangan efektif variabel tipologi belajar (X1) memberikan kontribusi sebesar 22,3% terhadap prestasi belajar ekonomi, sementara kesulitan belajar (X2) memberikan kontribusi sebesar 43,9% terhadap prestasi belajar ekonomi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 66,2%, sementara 33,8% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9624/1/A210060142.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9624/2/A210060142.pdf ANDRIAN W, OKKY (2010) PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060142
spellingShingle L Education (General)
ANDRIAN W, OKKY
PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh tipologi belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas viii sekolah menengah pertama negeri 2 banyudono tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9624/
work_keys_str_mv AT andrianwokky pengaruhtipologibelajardankesulitanbelajarterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasviiisekolahmenengahpertamanegeri2banyudonotahunajaran20092010