PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Pendidikan Studi Akuntasi FKIP UMS angkatan 2006. 2) Untuk mengetahui pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi FKIP UMS a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SURYANTO , AGUS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9622/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994860943409152
author SURYANTO , AGUS
author_facet SURYANTO , AGUS
author_sort SURYANTO , AGUS
collection ePrints
description Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Pendidikan Studi Akuntasi FKIP UMS angkatan 2006. 2) Untuk mengetahui pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi FKIP UMS angkatan 2006. 3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar dan pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi FKIP UMS angkatan 2006. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2006 yang berjumlah 153 mahasiswa, sedangkan sampel diambil 105 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Ada pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS 2006. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel 17,582 > 3,935 dan sig. atau probabilitas < alpha, yaitu 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS 2006. Hal ini berdasarkan analisis variansi tiga jalan diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 4,723 > 3,935 dan sig. atau probabilitas < alpha, yaitu 0,032 < 0,05. 3) Tidak ada pengaruh antara intensitas belajar dan pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS 2006. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,094 < 3,935 dan sig. atau probabilitas > alpha, yaitu 0,760 > 0,05.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9622
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9622 https://eprints.ums.ac.id/9622/ PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006 SURYANTO , AGUS L Education (General) Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Pendidikan Studi Akuntasi FKIP UMS angkatan 2006. 2) Untuk mengetahui pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi FKIP UMS angkatan 2006. 3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar dan pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi FKIP UMS angkatan 2006. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2006 yang berjumlah 153 mahasiswa, sedangkan sampel diambil 105 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Ada pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS 2006. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel 17,582 > 3,935 dan sig. atau probabilitas < alpha, yaitu 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS 2006. Hal ini berdasarkan analisis variansi tiga jalan diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 4,723 > 3,935 dan sig. atau probabilitas < alpha, yaitu 0,032 < 0,05. 3) Tidak ada pengaruh antara intensitas belajar dan pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS 2006. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,094 < 3,935 dan sig. atau probabilitas > alpha, yaitu 0,760 > 0,05. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9622/1/A210060131.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9622/3/A210060131.pdf SURYANTO , AGUS (2010) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060131
spellingShingle L Education (General)
SURYANTO , AGUS
PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006
title PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006
title_full PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006
title_fullStr PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006
title_full_unstemmed PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006
title_short PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006
title_sort pengaruh intensitas belajar dan pola belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta angkatan 2006
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9622/
work_keys_str_mv AT suryantoagus pengaruhintensitasbelajardanpolabelajarterhadapprestasibelajarmahasiswaprogramstudipendidikanakuntansifakultaskeguruandanilmupendidikanuniversitasmuhammadiyahsurakartaangkatan2006