KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran dan Intensitas Belajar terhadap Kemampuan Kognitif mahasiswa dalam mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah (AKM) Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIASIH , RIAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9620/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994860392906752
author KURNIASIH , RIAN
author_facet KURNIASIH , RIAN
author_sort KURNIASIH , RIAN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran dan Intensitas Belajar terhadap Kemampuan Kognitif mahasiswa dalam mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah (AKM) Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di FKIP-UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010 yang sedang menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I sejumlah kurang lebih 180 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, Uji F dan Uji t, serta perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,249 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,030. 2) Intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,668 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,011. 3) Media pembelajaran dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM pogram studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 11,998 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran memberikan sumbangan efektif 16,1%. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan efektif 20,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel intensitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan kognitif dibandingkan variabel media pembelajaran.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9620
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9620 https://eprints.ums.ac.id/9620/ KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010 KURNIASIH , RIAN L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran dan Intensitas Belajar terhadap Kemampuan Kognitif mahasiswa dalam mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah (AKM) Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di FKIP-UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010 yang sedang menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I sejumlah kurang lebih 180 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, Uji F dan Uji t, serta perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,249 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,030. 2) Intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,668 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,011. 3) Media pembelajaran dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM pogram studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 11,998 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran memberikan sumbangan efektif 16,1%. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan efektif 20,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel intensitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan kognitif dibandingkan variabel media pembelajaran. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9620/1/A210060122.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9620/2/A210060122.pdf KURNIASIH , RIAN (2010) KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060122
spellingShingle L Education (General)
KURNIASIH , RIAN
KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010
title KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort kemampuan kognitif mahasiswa ditinjau dari media pembelajaran dan intensitas belajar mahasiswa dalam mata kuliah akuntansi keuangan menengah progdi pendidikan ekonomi akuntansi fkip ums tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9620/
work_keys_str_mv AT kurniasihrian kemampuankognitifmahasiswaditinjaudarimediapembelajarandanintensitasbelajarmahasiswadalammatakuliahakuntansikeuanganmenengahprogdipendidikanekonomiakuntansifkipumstahunajaran20092010