PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I BATURETNO TAHUN AJARAN 2009 /2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI Jurusan IPS SMA N I Baturetno. 2) Pengaruh kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI Jurusan IPS SMA N I Batur...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YANTI , YUNI NORMA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9618/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI Jurusan IPS SMA N I Baturetno. 2) Pengaruh kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI Jurusan IPS SMA N I Baturetno. 3) Pengaruh motivasi belajar siswa dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI Jurusan IPS SMA N I Baturetno. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Baturetno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Baturetno tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 144 siswa. Sampel diambil sebanyak 100 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan IPS SMA N I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,928 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh pengaruh positif dan signifikan kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA N I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,267 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh motivasi belajar siswa dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan IPS SMA N I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 39,436 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 54,9% dan sumbangan efektif 24,6%. Kemampuan ekonomi orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 45,1% dan sumbangan efektif 20,2%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel kemampuan ekonomi orang tua.