PENINGKATAN PEMBELAJARAN EKONOMI KONSEP PRINSIP EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 TODANAN

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUBIYANA, JAKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9615/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. (2) Untuk mendekripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajara ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Todanan, menggunakan pendekatan kualitatif kolaboratif. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode, observasi, tes hasil belajar dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ekonomi konsep prinsip ekonomi melalui pembelajaran konteksual, terbukti dapat meningkatkan kualitas proses belajar dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 16,7%. Dengan menggunakan metode kontekstual siswa lebih termotivasi, karena siswa terlibat langsung untuk memecahkan permasalahan. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,8%. Terjadinya peningkatan motivasi belajar disebabkan karena siswa telah dapat menyesuaikan cara-cara belajar dalam kelompok. Peningkatan motivasi siswa terjadi pada indikator keberanian bertanya 20%, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran 17,5%, berani mengemukakan pendapat dalam setiap diskusi 10%, penyelesaian tugas 10%, inisiatif 7,5%, dan semangat siswa 2,5%. (2) Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Ekonomi Konsep Prinsip Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 2 Todanan Kabupaten Blora. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran dari prasiklus ke siklus 1 ditunjukkan dengan meningkatnya nilai ketuntasan belajar rata-rata 0,2 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%). Peningkatan hasil pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 rata-rata 0,4 dengan ketuntasan meningkat 6 siswa (15,8%).