KONTRIBUSI PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SARANA PEMBELAJARAN, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN RANDUBLATUNG KAB.BLORA

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan menguji kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, (2) untuk mengetahui dan menguji kontribusi sarana pembelajaran terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamata...

Descrizione completa

Salvato in:
Dettagli Bibliografici
Autore principale: DARSONO, DARSONO
Natura: Tesi
Lingua:English
English
Pubblicazione: 2010
Soggetti:
Accesso online:https://eprints.ums.ac.id/9614/
Tags: Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
Descrizione
Riassunto:Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan menguji kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, (2) untuk mengetahui dan menguji kontribusi sarana pembelajaran terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, (3) untuk mengetahui dan menguji kontribusi kompensasi terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, dan (4) Untuk mengetahui dan menguji kontribusi secara simultan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, sarana pembelajaran, dan kompensasi terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung, Blora. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri yang terdapat di Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian tesis sebanyak 98 orang guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora. Sampel yang dipilih dalam penelitian tesis ini sebanyak 75 orang sesuai dengan tabel nomogram. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) variabel persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (2,521) dengan nilai signifikan sebesar 0,014 < 0,05 dengan demikian semakin baik kepemimpinan kepala sekolah yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, maka semakin tinggi kinerja guru; (2) variabel sarana pembelajaran berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (3,862) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin baik sarana pembelajaran yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, maka semakin tinggi kinerja guru; dan (3) variabel kompensasi berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (6,875) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin baik kompensasi yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, maka semakin tinggi kinerja guru. (4) variabel persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, sarana pembelajaran, dan kompensasi berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora yang dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung 70,520 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05;