KONTRIBUSI PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SARANA PEMBELAJARAN, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN RANDUBLATUNG KAB.BLORA
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan menguji kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, (2) untuk mengetahui dan menguji kontribusi sarana pembelajaran terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamata...
Guardat en:
Autor principal: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Idioma: | English English |
Publicat: |
2010
|
Matèries: | |
Accés en línia: | https://eprints.ums.ac.id/9614/ |
Etiquetes: |
Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
|
Sumari: | Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan menguji kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, (2) untuk mengetahui dan
menguji kontribusi sarana pembelajaran terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, (3) untuk mengetahui dan menguji kontribusi kompensasi terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kab. Blora, dan (4) Untuk mengetahui dan menguji kontribusi
secara simultan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, sarana pembelajaran, dan kompensasi terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung, Blora.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri yang terdapat di Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian tesis sebanyak 98 orang guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora. Sampel yang dipilih dalam penelitian tesis ini sebanyak 75 orang sesuai dengan tabel nomogram. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini adalah (1) variabel persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (2,521) dengan nilai signifikan sebesar 0,014 < 0,05 dengan demikian semakin baik kepemimpinan kepala sekolah yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, maka semakin tinggi kinerja guru; (2) variabel sarana pembelajaran berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (3,862) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin baik
sarana pembelajaran yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, maka semakin tinggi kinerja guru; dan (3) variabel kompensasi berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung
Kabupaten Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (6,875) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian semakin baik kompensasi yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, maka semakin tinggi kinerja guru. (4) variabel persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, sarana pembelajaran, dan kompensasi berdampak terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora yang dibuktikan
dengan besarnya nilai F hitung 70,520 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; |
---|