KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan di SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan, Kabupaten Blora. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan karakteristik tata ruang, 2) mendeskripsikan karakteristik hubungan kerja kepala sekolah dengan g...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIYANTO, BUDI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9613/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994858752933888
author RIYANTO, BUDI
author_facet RIYANTO, BUDI
author_sort RIYANTO, BUDI
collection ePrints
description Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan di SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan, Kabupaten Blora. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan karakteristik tata ruang, 2) mendeskripsikan karakteristik hubungan kerja kepala sekolah dengan guru, 3) mendeskripsikan karakteristik sosial kepala sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etnografi karena dapat untuk melakukan analisis secara mendalam sesuai dengan karakteristik obyek penelitian. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh dengan cara wawancara mendalam dan observasi dan data sekunder yang diperoleh dengan dokumentasi dari profil sekolah dan dokumen tertulis lainnya yang berkaitan dengan fokus dan subfokus penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik trianggulasi, yaitu dengan triangggulasi data dan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) tata letak untuk gedung dan ruang kelas dibangun secara berbaris antara ruang kelas dengan ruang guru, 2) hanya ada dua kelas yang aktif, yaitu kelas VII dan kelas VIII sedangkan kelas IX masih kosong, 3) SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan, Kabupaten Blora merupakan sekolah satu atap dengan satu pengelola untuk dua tingkat satuan pendidikan, yaitu SD Nglebak 2 dan di SMP 3 Menden, 4) kepala sekolah tidak menjalankan perannya sebagai guru dan lebih banyak beraktifitas dalam hal kepemimpinan, 5) beberapa guru untuk mengampu lebih dari satu mata pelajaran maupun untuk mengajar di kedua tingkat satuan pendidikan sesuai dengan jadwal.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9613
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9613 https://eprints.ums.ac.id/9613/ KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora) RIYANTO, BUDI LC Special aspects of education Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan di SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan, Kabupaten Blora. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan karakteristik tata ruang, 2) mendeskripsikan karakteristik hubungan kerja kepala sekolah dengan guru, 3) mendeskripsikan karakteristik sosial kepala sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etnografi karena dapat untuk melakukan analisis secara mendalam sesuai dengan karakteristik obyek penelitian. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh dengan cara wawancara mendalam dan observasi dan data sekunder yang diperoleh dengan dokumentasi dari profil sekolah dan dokumen tertulis lainnya yang berkaitan dengan fokus dan subfokus penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik trianggulasi, yaitu dengan triangggulasi data dan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) tata letak untuk gedung dan ruang kelas dibangun secara berbaris antara ruang kelas dengan ruang guru, 2) hanya ada dua kelas yang aktif, yaitu kelas VII dan kelas VIII sedangkan kelas IX masih kosong, 3) SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan, Kabupaten Blora merupakan sekolah satu atap dengan satu pengelola untuk dua tingkat satuan pendidikan, yaitu SD Nglebak 2 dan di SMP 3 Menden, 4) kepala sekolah tidak menjalankan perannya sebagai guru dan lebih banyak beraktifitas dalam hal kepemimpinan, 5) beberapa guru untuk mengampu lebih dari satu mata pelajaran maupun untuk mengajar di kedua tingkat satuan pendidikan sesuai dengan jadwal. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9613/2/Q100080008.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9613/1/Q100080008.pdf RIYANTO, BUDI (2010) KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080008
spellingShingle LC Special aspects of education
RIYANTO, BUDI
KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora)
title KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora)
title_full KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora)
title_fullStr KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora)
title_full_unstemmed KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora)
title_short KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH SATU ATAP (SMP 3 Menden Satu Atap Kradenan Blora)
title_sort kepemimpinan berbasis sekolah satu atap smp 3 menden satu atap kradenan blora
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/9613/
work_keys_str_mv AT riyantobudi kepemimpinanberbasissekolahsatuatapsmp3mendensatuatapkradenanblora