PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kedisiplinan siswa dalam kegiatan intrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora dan mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan meng...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: Basiran, Basiran
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/9611/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
_version_ 1804994858211868672
author Basiran, Basiran
author_facet Basiran, Basiran
author_sort Basiran, Basiran
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kedisiplinan siswa dalam kegiatan intrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora dan mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan laporan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Tunjungan, Blora dengan fokus pada pengelolaan kedisiplinan siswa. Waktu yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah 6 bulan, mulai Februari 2010 hingga Juli 2010. Dalam penelitian tesis ini, narasumber terdiri dari: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pembina pramuka dan beberapa peserta didik. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi data dan tringulasi metode sehingga data benar-benar teruji kebenarannya Hasil penelitian ini adalah 1) pelanggaran kedisiplinan oleh siswa dalam kegiatan intrakurikuler masih sering terjadi, baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja, 2) kepala sekolah sering kali memberikan teladan dalam kedisiplinan, baik secara lisan maupun dengan tindakan, 3) pelanggaran kedisplinan dalam kegiatan intrakurikuler akan mendapat sanksi sesuai dengan jenis palanggaran yang dilakukan, 4) sekolah membagi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler menjadi dua, yaitu yang bersifat wajib seperti pramuka dan yang bersifat pilihan seperti olahraga dan kesenian, 5) partisipasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka masih rendah, 6) guru pembina ekstrakurikuler pramuka memberikan sanksi yang bersifat mendidik kepada pelanggar dengan cara membuat kliping yang berkaiatan dengan kepramukaan. Untuk meningkatkan kedisiplinan dapat dilakukan dengan cara 1) teladan oleh pemimpin, baik secara lisan maupun tindakan, 2) pemberian sanksi secara tegas dan mendidik, 3) menerapkan aturan tertulis secara adil.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9611
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9611 https://eprints.ums.ac.id/9611/ PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora) Basiran, Basiran LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kedisiplinan siswa dalam kegiatan intrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora dan mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan laporan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Tunjungan, Blora dengan fokus pada pengelolaan kedisiplinan siswa. Waktu yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah 6 bulan, mulai Februari 2010 hingga Juli 2010. Dalam penelitian tesis ini, narasumber terdiri dari: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pembina pramuka dan beberapa peserta didik. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi data dan tringulasi metode sehingga data benar-benar teruji kebenarannya Hasil penelitian ini adalah 1) pelanggaran kedisiplinan oleh siswa dalam kegiatan intrakurikuler masih sering terjadi, baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja, 2) kepala sekolah sering kali memberikan teladan dalam kedisiplinan, baik secara lisan maupun dengan tindakan, 3) pelanggaran kedisplinan dalam kegiatan intrakurikuler akan mendapat sanksi sesuai dengan jenis palanggaran yang dilakukan, 4) sekolah membagi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler menjadi dua, yaitu yang bersifat wajib seperti pramuka dan yang bersifat pilihan seperti olahraga dan kesenian, 5) partisipasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka masih rendah, 6) guru pembina ekstrakurikuler pramuka memberikan sanksi yang bersifat mendidik kepada pelanggar dengan cara membuat kliping yang berkaiatan dengan kepramukaan. Untuk meningkatkan kedisiplinan dapat dilakukan dengan cara 1) teladan oleh pemimpin, baik secara lisan maupun tindakan, 2) pemberian sanksi secara tegas dan mendidik, 3) menerapkan aturan tertulis secara adil. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9611/3/Q100080006.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9611/1/Q100080006.pdf Basiran, Basiran (2010) PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080006
spellingShingle LC Special aspects of education
Basiran, Basiran
PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)
title PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)
title_full PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)
title_fullStr PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)
title_full_unstemmed PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)
title_short PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)
title_sort pengelolaan kedisiplinan siswa studi situs sma 1 tunjungan blora
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/9611/
work_keys_str_mv AT basiranbasiran pengelolaankedisiplinansiswastudisitussma1tunjunganblora