PENGELOLAAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Situs: SMA 1 Tunjungan, Blora)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kedisiplinan siswa dalam kegiatan intrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora dan mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan meng...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9611/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kedisiplinan siswa dalam kegiatan intrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora dan mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA 1 Tunjungan, Blora.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan laporan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Tunjungan, Blora dengan fokus pada pengelolaan kedisiplinan siswa. Waktu yang digunakan untuk melakukan
penelitian adalah 6 bulan, mulai Februari 2010 hingga Juli 2010. Dalam penelitian tesis ini, narasumber terdiri dari: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pembina pramuka dan beberapa peserta didik. Keabsahan data diuji dengan
menggunakan triangulasi data dan tringulasi metode sehingga data benar-benar teruji kebenarannya
Hasil penelitian ini adalah 1) pelanggaran kedisiplinan oleh siswa dalam kegiatan intrakurikuler masih sering terjadi, baik yang dilakukan secara sengaja maupun
tidak sengaja, 2) kepala sekolah sering kali memberikan teladan dalam kedisiplinan, baik secara lisan maupun dengan tindakan, 3) pelanggaran kedisplinan dalam kegiatan intrakurikuler akan mendapat sanksi sesuai dengan jenis palanggaran yang dilakukan, 4) sekolah membagi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler menjadi dua, yaitu yang bersifat wajib seperti pramuka dan yang bersifat pilihan seperti olahraga dan kesenian, 5) partisipasi peserta didik dalam
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka masih rendah, 6) guru pembina ekstrakurikuler pramuka memberikan sanksi yang bersifat mendidik kepada pelanggar dengan cara membuat kliping yang berkaiatan dengan kepramukaan. Untuk meningkatkan kedisiplinan dapat dilakukan dengan cara 1) teladan oleh pemimpin, baik secara lisan maupun tindakan, 2) pemberian sanksi secara tegas dan mendidik, 3) menerapkan aturan tertulis secara adil. |
---|