PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan aktifitas supervisor pembelajaran di SMP 3 Cepu, 2) mendeskripsikan interaksi supervisor dan guru pada supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga cara yaitu metod...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9609/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994857655074816 |
---|---|
author | MURSIDI, ALI |
author_facet | MURSIDI, ALI |
author_sort | MURSIDI, ALI |
collection | ePrints |
description | Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan aktifitas supervisor pembelajaran di SMP 3 Cepu, 2) mendeskripsikan interaksi supervisor dan guru pada supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan tiga cara yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya melalui beberapa tahapan antara lain reduksi data, sajian data dan verivikasi/kesimpulan. Selanjutnya dalam menentukan
keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Setelah iru ditentukan temuan penelitian, pembahasan dan dibuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) karakteristik aktivitas supervsisi pembelajaran di SMP 3 Cepu meliputi terdapat perencanaan secara bersama antara supervisor dan guru, terdapat perumusan persiapan pelaksanaan supervisi,
dilakukannya observasi kelas, mempersiapkan strategi, teknik dan taktik supervisi, dilakukan pengamatan secara intensif terhadap guru pada waktu mengajar, mencatat hasil pengamatan, dilakukan analisis data. 2) karakteristik interaksi kepala sekolah dan guru dalam supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu antara lain menciptakan suasana yang akrab dan terbuka, terdapat komunikasi yang efektif,
saling memberi penguatan, mengkaji data hasil pengamatan, terdapat umpan balik yang positif (feedback), guru mengungkapkan persepsi setelah melaksanakan kegiatan mengajar, memberikan kesan dan pesan kepada guru untuk perbaikan. Sehingga melalui supervisi pembelajaran yang sesuai dengan prosedur, akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9609 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9609 https://eprints.ums.ac.id/9609/ PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU MURSIDI, ALI LB Theory and practice of education Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan aktifitas supervisor pembelajaran di SMP 3 Cepu, 2) mendeskripsikan interaksi supervisor dan guru pada supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga cara yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya melalui beberapa tahapan antara lain reduksi data, sajian data dan verivikasi/kesimpulan. Selanjutnya dalam menentukan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Setelah iru ditentukan temuan penelitian, pembahasan dan dibuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) karakteristik aktivitas supervsisi pembelajaran di SMP 3 Cepu meliputi terdapat perencanaan secara bersama antara supervisor dan guru, terdapat perumusan persiapan pelaksanaan supervisi, dilakukannya observasi kelas, mempersiapkan strategi, teknik dan taktik supervisi, dilakukan pengamatan secara intensif terhadap guru pada waktu mengajar, mencatat hasil pengamatan, dilakukan analisis data. 2) karakteristik interaksi kepala sekolah dan guru dalam supervisi pembelajaran di SMP 3 Cepu antara lain menciptakan suasana yang akrab dan terbuka, terdapat komunikasi yang efektif, saling memberi penguatan, mengkaji data hasil pengamatan, terdapat umpan balik yang positif (feedback), guru mengungkapkan persepsi setelah melaksanakan kegiatan mengajar, memberikan kesan dan pesan kepada guru untuk perbaikan. Sehingga melalui supervisi pembelajaran yang sesuai dengan prosedur, akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9609/2/Q100080002.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9609/1/Q100080002.pdf MURSIDI, ALI (2010) PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080002 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education MURSIDI, ALI PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU |
title | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU |
title_full | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU |
title_fullStr | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU |
title_full_unstemmed | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU |
title_short | PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP 3 CEPU |
title_sort | pengelolaan supervisi pembelajaran di smp 3 cepu |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/9609/ |
work_keys_str_mv | AT mursidiali pengelolaansupervisipembelajarandismp3cepu |