INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA

Kegiatan pembelajaran sekolah standar nasional harus berpedoman pada Standar Proses yang diatur dalam Peraturan menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007. Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional diketahui 32,9% guru SMA ijazahnya mismscht dengan tugas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IRFAN, AHMAD
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9608/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994857371959296
author IRFAN, AHMAD
author_facet IRFAN, AHMAD
author_sort IRFAN, AHMAD
collection ePrints
description Kegiatan pembelajaran sekolah standar nasional harus berpedoman pada Standar Proses yang diatur dalam Peraturan menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007. Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional diketahui 32,9% guru SMA ijazahnya mismscht dengan tugas mengajarnya. Hal ini bisa berdampak terhadap kualitas interaksi pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu; (2) mendeskripsikan karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data digali dari informan (narasumber), arsip dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan pengamatan. Data yang terkumpul dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Aktivitasnya meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan empat teknik yaitu perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu (1) guru menyusun rencana kegiatan pembelajaran dalam RPP yang menggambarkan rencana interaksi pembelajaran hanya pokokpokoknya saja, (2) interaksi guru dengan siswa berlangsung dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, (3) bentuk interaksi guru dengan siswa tercermin dalam kegiatan dialog langsung, pemberian kesempatan siswa untuk bertanya atau berpendapat, serta penggunaan isyarat, (4) guru mengajak siswa menyanyi atau menghayati lirik lagu tertentu yang berkaitan dengan materi pembelajaran, untuk memudahkan penanaman nilai. Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu (1) interaksi antar siswa ada yang berlangsung secara spontan dan ada yang berlangsung mengikuti skenario pembelajaran dari guru, (2) penggunaan metode diskusi memberi kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk saling berinteraksi dibanding ceramah bervariasi, (3) interaksi spontan antara lain siswa bertanya sesuatu pada temannya, siswa membisiki jawaban pertanyaan guru, siswa bicara sendiri saat diskusi, (4) interaksi mengikuti skenario guru antara lain siswa bekerjasama mengubah formasi tempat duduk, siswa berdiskusi dalam kelompok, antar kelompok menyajikan hasil diskusi dan saling menanggapi hasil kelompok lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9608
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9608 https://eprints.ums.ac.id/9608/ INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA IRFAN, AHMAD LB Theory and practice of education Kegiatan pembelajaran sekolah standar nasional harus berpedoman pada Standar Proses yang diatur dalam Peraturan menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007. Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional diketahui 32,9% guru SMA ijazahnya mismscht dengan tugas mengajarnya. Hal ini bisa berdampak terhadap kualitas interaksi pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu; (2) mendeskripsikan karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data digali dari informan (narasumber), arsip dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan pengamatan. Data yang terkumpul dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Aktivitasnya meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan empat teknik yaitu perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu (1) guru menyusun rencana kegiatan pembelajaran dalam RPP yang menggambarkan rencana interaksi pembelajaran hanya pokokpokoknya saja, (2) interaksi guru dengan siswa berlangsung dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, (3) bentuk interaksi guru dengan siswa tercermin dalam kegiatan dialog langsung, pemberian kesempatan siswa untuk bertanya atau berpendapat, serta penggunaan isyarat, (4) guru mengajak siswa menyanyi atau menghayati lirik lagu tertentu yang berkaitan dengan materi pembelajaran, untuk memudahkan penanaman nilai. Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Cepu (1) interaksi antar siswa ada yang berlangsung secara spontan dan ada yang berlangsung mengikuti skenario pembelajaran dari guru, (2) penggunaan metode diskusi memberi kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk saling berinteraksi dibanding ceramah bervariasi, (3) interaksi spontan antara lain siswa bertanya sesuatu pada temannya, siswa membisiki jawaban pertanyaan guru, siswa bicara sendiri saat diskusi, (4) interaksi mengikuti skenario guru antara lain siswa bekerjasama mengubah formasi tempat duduk, siswa berdiskusi dalam kelompok, antar kelompok menyajikan hasil diskusi dan saling menanggapi hasil kelompok lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9608/1/Q100080001.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9608/2/Q100080001.pdf IRFAN, AHMAD (2010) INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080001
spellingShingle LB Theory and practice of education
IRFAN, AHMAD
INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA
title INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA
title_full INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA
title_fullStr INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA
title_full_unstemmed INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA
title_short INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL STUDI SITUS DI SMA 1 CEPU KABUPATEN BLORA
title_sort interaksi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sekolah standar nasional studi situs di sma 1 cepu kabupaten blora
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9608/
work_keys_str_mv AT irfanahmad interaksipembelajaranpendidikankewarganegaraansekolahstandarnasionalstudisitusdisma1cepukabupatenblora