PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DIMENSI TIGA DI SMK NEGERI 1 SAWIT BOYOLALI
Teknologi informasi dewasa ini berkembang semakin cepat. Hal ini dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Teknologi informasi dapat menjadi media penyajian ide, gagasan dan materi pembelajaran. Beberapa bagian dalam unsur pembelajaran ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi, sehingga m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9602/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Teknologi informasi dewasa ini berkembang semakin cepat. Hal ini dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Teknologi informasi dapat menjadi media penyajian ide, gagasan dan materi pembelajaran. Beberapa bagian dalam unsur
pembelajaran ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi, sehingga mempermudah pelaksanaan pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika semakin mendesak karena pembelajaran matematika
merupakan proses belajar yang berkesinambungan dalam membentuk sumber daya manusia yang tangguh dan penuh imajinasi, sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan
daya cipta. Pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan agar pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran matematika dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SMK Negeri
1 Sawit Boyolali Tahun 2009/2010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang berbentuk penelitian
tindakan kelas (class action research) dengan menggunakan pola penelitian siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII dan guru mata pelajaran matematika di SMK
Negeri 1 Sawit Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model
analisis interaktif yang disesuaikan untuk penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran matematika dengan pemanfaatan teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
matematika di SMK Negeri 1 Sawit. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang meningkat. Pada siklus I dilakukan
dengan penyampaian kompetensi dasar dan tujuan yang ingin dicapai, siswa diajak mencatat hal-hal yang penting dalam konsep dimensi tiga, siswa diajak berdiskusi, guru menghadirkan teknologi informasi, memberikan penjelasan sekilas, memberikan contoh, membagi kelas menjadi kelompok-kelompok, melaksanakan penilaian aktivitas belajar dan unjuk kerja siswa, serta melakukan refleksi kemajuan
pembelajaran. Siklus II diawali dengan pengkajian materi yang dituangkan dalam multimedia interaktif untuk membangkitkan minat siswa, pemberian dorongan dan kesempatan interaksi komunikasi, mempraktekan materi pelajaran. (2) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan pembelajaran matematika dapat meningkatkan
pemahaman konsep dimensi tiga pada siswa. Hal dapat dilihat dari partisipasi siswa dalam pembelajaran yang meningkat. Partisipasi ini timbul karena adanya peningkatan minat (perhatian), motivasi, dan peran (aktivitas) siswa dalam pembelajaran. Pemahaman konsep dimensi tiga siswa meningkat dari 53,1% pada kondisi awal menjadi 74,2% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86,4% pada akhir siklus II |
---|